PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA BELAJAR KOMIK DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP LABSCHOOL UNESA 3
Keywords:
Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Komik Digital, Hasil BelajarAbstract
Pendidikan di era digital menuntut inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh integrasi model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dengan media komik digital terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Labschool UNESA 3. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yang digunakan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran dan tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling, dengan menetapkan kelas VII-B atas pertimbangan guru IPS karena memiliki karakteristik yang heterogen, baik dari segi akademik maupun sosial. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari 54,4 pada pretest menjadi 85,7 pada posttest, yang membuktikan adanya pengaruh positif model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, presentase keterlaksanaan pembelajaran juga meningkat dari pertemuan pertama 92%, pada pertemuan kedua menjadi 97%, hingga pertemuan ketiga menjadi 100%, menandakan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media komik digital dapat diterapkan secara optimal dalam pembelajaran IPS.
Downloads
References
Aryani, L., Widayat, E., & Sunardjo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 62–72. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.234
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170
Gunawan, P., & Sujarwo. (2022). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of History Education and Historiography, 6(1), 2022.
Hudia, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar dan Aktivitas Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri 6 Kendari. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(Juni), 511–522.
Latul, T. F., Suarman, S., & Riadi, R. M. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1751–1755. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3920
Mahfudh. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Permintaan dan Penawaran Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Candimulyo. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol2.iss1.519
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Destrian Syharani Machjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 10
,
PDF Downloads: 5
