PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP TOLERANSI SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 5 SIDOARJO
Keywords:
Model pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, toleransiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap toleransi yang disebabkan oleh penggunaan model, metode, dan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain eksperimental dengan kelompok kontrol yang tak setara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sidoarjo tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik Purposive sampling.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan observasi. Teknik analisis data mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedasitas, uji regresi linear sederhana, dan uji T.
Berdasarkan hasil analisis data, uji regresi linear sederhana menunjukkan R2 sejumlah 0.488 hal berikut berarti bahwasannya 48.8% variasi dari variabel dependent Sikap Toleransi bisa dijelaskan oleh variasi dari variabel independen yakni Teams Game Tournament. Sedangkan sisanya sejumlah (100% - 48.8% = 51.2%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Hasil uji signifikansi regresi menunjukkan nilai p = 0.000 (p < 0.05) yang menandakan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Hasil uji t variabel Teams Game Tournament memegang nilai signifikansi sejumlah 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05. Sedangkan untuk t hitung didapatkan nilai sejumlah 5.436 > ttabel (2.036) maka variabel Teams Game Tournament berpengaruh kepada variabel Sikap Toleransi. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima yang membuktikan bahwa model pembelajaran Teams Game Tournamnet terbukti berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan sikap toleransi sosial siswa di SMP Negeri 5 Sidoarjo.
Downloads
References
Ali Ahmad Yenuri, A. I. (2021). Paradigma Toleransi Islam Dalam Merespon Kemajemukan Hidup di Indonesia . Jurnal Sosial Keagamaan.
Atik Wulidatus Silsi1, A. Q. (t.thn.). Penguatan Karakter Toleransi Sosial pada Siswa SMP Negeri 2 Sukodono. 159.
Ayu Nur Fauziah, D. A. (2024). Urgensi Toleransi Untuk Mempertahankan Integrasi Bangsa. Jurnal Penelitian Multidisiplin.
Borualogo, I. S., & Casas, F. (2022). Understanding Perundungan Cases in Indonesia. In H. Tiliouine, D. Benatuil, & M. K. W. Lau (Eds.), Handbook of Children’s Risk, Vulnerability and Quality of Life: Global Perspectives. Springer.
DeVoe, J. F. (2005). Student Reports of Bullying. Results From the 2001 School Crime Supplement to the National Crime Victimization Survey.
Ernawati, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran PPKN Terhadap SiKap Toleransi Siswa di SMP N 1 Slogohimo. Agora, 373-383.
H.Abdurrahman. (2013). Parental involvement and bullying among middleschool students in North Africa.
H.Abdurrahman. (2013). Parental involvement and bullying among middleschool students in North Africa.
Harefa, S. A. (2021). Penanaman Nilai Toleransi Umat Beragama di Kalangan Siswa SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara .
Istiana, L. A. (2022). Penumbuhkembangan Karakter Toleransi Siswa SMP Negeri 14 Mataram.
Jauhari, M. B. (2022). Upaya Sekolah Menanamkan Sikap Toleransi.
Jumini. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Jurnal Khusus Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Untuk Siswa SMA. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik.
Kamila, N. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa. JURNAL BASICEDU, 1545-1553.
Kasya Ardina Kamal, L. M. (2023). IMPLEMENTASI SIKAP TOLERANSI SISWA DI SEKOLAH DASAR. JGPD, 52-63.
Latifa, A. N. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak Sekolah di Indonesia: Negeri Multikultural.
Lintang Elita, M. M. (2024). Penanaman Sikap Toleransi Pada Siswa Dalam Pembelajaran PKN Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
Megasiska Rumahorbo, S. P. (2023). Kajian Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Kelas Pembelajaran Luring di SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2020/2021 . MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstektual.
Misran. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Kooperatif Group Investigation Pada Siswa Kelas VII MTSN 1 Aceh Barat. Pedagogi:Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Mita Anggraeni, S. A. (2022). Pengembangan Sikap Toleransi Siswa Sekolah Dasar pada Keberagaman di Indonesia. JGPD, 16-24.
Muhammad Mukhlisin, R. P. (2022). Pengembangan Sikap Toleransi dalam Perbedaan Pendapat Melalui Discovery Learning pada Pembelajaran IPS terhadap Siswa SMP. JPI, 68.
Novritza, D. (2028). Hubungan Antara Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan.
Nurrohmatillah Al Maulidah, F. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dalam Mengembangkan Sikap Taat Peraturan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Parji, R. E. (2016). Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak. Jurnal Studi Sosial.
Richard Catalano, J. J.-T. (1999). THE NATURE OF SCHOOL BULLYING A CROSS-NATIONAL PERSPECTIVE.
Sakundari, K. I. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Berbantuan Monopolo Terhadap Kemampuan Berhitung dan Kolaborasi Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Basicedu.
Sarapung, E. (2002). Pluralisme dan Konflik Perdamaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sholihul, W. M. (2024). Mengapa Siswa SMP di Indonesia melakukan Perundungan?Menelusuri Faktor-Faktor Penyebab Kekerasan di Sekolah, 14-26.
Sholihul, W. M. (2024). Mengapa Siswa SMP di Indonesia melakukan Perundungan?Menelusuri Faktor-Faktor Penyebab Kekerasan di Sekolah, 14-26.
Solikatun, U. H. (2019). Korelasi Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Nganjuk. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman.
Sri Susanti Wahyu Purwiyastuti, E. W. (2018). Manfaat Mat pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS) Sejarah Terhadap Pembentukan Moral Siswa. Cakrawala:Jurnal Pendidikan.
Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membimbing Sikap Toleransi .
Syam, M. U. H. A. (2022). Analisis Perilaku Bullying Dan Penanganannya
Tasamiyah, L. (2023). Jurnal Pendidikan Indonesia. ANALISIS DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP MORAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA, 1348-1354.
Tasamiyah, L. (2023). Jurnal Pendidikan Indonesia. ANALISIS DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP MORAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA, 1348-1354.
Wikoko, M. K. (2024). Semantik. Penerapan Pembiasaan Baik Anti Perundungan di SMP Panca Budi Medan.
Wikoko, M. K. (2024). Semantik. Penerapan Pembiasaan Baik Anti Perundungan di SMP Panca Budi Medan.
Yuli Permata Sari, W. A. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat.
Yuli Permata Sari, W. A. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat.
Yulianti Estiana Rahmawati, S. M. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Gme Tournament (TGT) pada Materi Luas di Kelas IV SD Negeri 1 Banjasari Kulon. Jurnal On Education.
Yulisa, B. (2023). Efektivitas Metode Teams Games Tournamet (TGT) Berbantuan Modul Terhadap Sikap Toleransi Siswa. Inspirasi Dunia, 17-33
Yusrie, C. S. (2021). Implementasi Networking And Cooperative Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heny Rachmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 20
,
PDF Downloads: 27
