Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis TPACK Dengan Berbantuan Gamifikasi Terhadap Capaian Pembelajaran Pengetahuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 1 Mojowarno
Keywords:
Pembelajaran Beridferensiasi, TPACK, Gamifikasi, Capaian Pembelajaran Pengetahuan, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) berbantuan gamifikasi terhadap capaian pembelajaran pengetahuan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Mojowarno pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest serta angket persepsi siswa terhadap pembelajaran yang diberikan. Berdasarkan hasil uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan homogenitas, data dinyatakan berdistribusi normal dan homogen, sehingga dapat dianalisis menggunakan uji-t Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pembelajaran berdiferensiasi berbasis TPACK berbantuan gamifikasi terhadap capaian pembelajaran pengetahuan siswa. Nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen sebesar 86,25, lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 81,50. Selain itu, hasil N-Gain menunjukkan peningkatan capaian pengetahuan siswa kelas eksperimen sebesar 0,67 dan termasuk dalam kategori sedang ke tinggi. Berdasarkan hasil angket persepsi siswa, diperoleh rata-rata skor sebesar 89,58% yang termasuk kategori sangat baik, menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran ini dinilai membantu siswa dalam memahami materi, meningkatkan motivasi belajar, dan sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Penelitian ini juga memperkuat teori konstruktivisme dan menunjukkan bahwa integrasi strategi diferensiasi, TPACK, dan gamifikasi memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran IPS yang relevan dan kontekstual
Downloads
References
Aulia, N. N. A., & Subandiyah, H. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Dan Meringkas Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 42 Surabaya. Bapala, 10, hlm 151-162.
Ayu, I. G., Meyanti, S., & Lasmawan, I. W. (2023). Tuntutan Digital Literasi pada Kurikulum Pendidikan IPS. 22(2), 115–122.
Ella, C. G., Setiani, P. P., Sunuyeko, N., & Agustin, A. (2024). Edugame Wordwall: Media Pembelajaran Inovatif IPSKelas 7 SMP Sunan Ampel Poncokusumo Materi Sosialisasi dalam Masyarakat. Penerapan Taksonomi Bloom Revisi Pada Pengembangan Soal Kimia Ranah Pengetahuan, 6(1), 1–9.
Harahap, Z. A., Nasution, Z., Husada, I., & Ifanda, D. (2021). Journal of Empowerment Community and Education. Journal of Empowerment Community and Education, 1(3), 235–242.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Kemendikbud, P. web. (2023). Hampir 70 Persen Satuan Pendidikan Sudah Menerapkan Kurikulum Merdeka. Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/08/hampir-70-persen-satuan-pendidikan-sudah-menerapkan-kurikulum-merdeka
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8
Maryana, M., Halim, C., & Rahmi, H. (2024). The Impact of Gamification on Student Engagement and Learning Outcomes in Mathematics Education. International Journal of Business, Law, and Education, 5(2), 1697–1608. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i2.682
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1177/016146810610800610
Muslim, A. (2024). 353 Juta Perangkat RI Terhubung Internet Seluler. Investor.Id. https://investor.id/business/356552/353-juta-perangkat-ri-terhubung-internet-seluler#:~:text=URL berhasil di salin.&text=JAKARTA%2C investor.id - Data,pribadi maupun menunjang produktivitas pekerjaan.
Oktaviana, E., & Yudha, C. B. (2022). Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Abad Ke-21. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 57. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58305
Piaget, J. (1977). The Development of Thought: Equilibration of Cognitive Structures. Viking Press.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114
Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2014). A Differentiated Classroom. In Assessment and Student Sucess in a differentiated classroom.
Ulya, R. H. (2024). Pemanfaatan Gamifikasi dalam Penyusunan Asesmen Formatif Pembelajaran Diferensiasi di SMP Nurul Falah Kulim Pekanbaru. 8, 50037–50046.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuniarti Karlina Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 28
,
PDF Downloads: 20
