Penyusunan Bahan Ajar IPS Dari Situs Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit Di Desa Bejijong Untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Lokal Peserta Didik
Keywords:
Bahan Ajar, Situs-situs Peninggalan Bersejarah, Sejarah LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dari situs-situs peninggalan Kerajaan Majapahit di Desa Bejijong dalam bentuk buku teks yang berjudul Bejijong dan Majapahit dalam Sejarah Lokal Nusantara guna meningkatkan pemahaman sejarah lokal peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan SOI (Selecting, Organizing, Integrating) oleh Richard Mayer. Uji kelayakan bahan ajar melibatkan 3 validasi ahli dan uji efektifitas bahan ajar menggunakan one sample group sejumlah 30 peserta didik. Rata-rata validasi ahli bahan ajar adalah 78,3% (layak diimplementasikan). Hasil uji prasyarat normalitas menunjukkan bahwasanya nilai pre test berada pada 0,075 dan post test 0,091 (> 0,005) yang menunjukkan data berdistribusi normal sehingga layak untuk melanjutkan uji-t Paired Sample T Test. Hasil uji-t menunjukkan pada nilai 0,000 (< 0,005) yang mana penggunaan bahan ajar dikatakan efektif dalam pembelajaran IPS. Hasil dari uji-t diperkuat dengan hasil uji N-Gain yang berada pada presentase 63% (rentang 54-75%) dikategorikan cukup efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwasanya penggunaan bahan ajar dari situs-situs bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit di Desa Bejijong mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap sejarah lokal. Bahan ajar ini dinilai layak dengan predikat bagus dan cukup efektif (sedang) diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Adanya penyusunan bahan ajar ini diharapkan mampu membantu peserta didik untuk menggali kearifan lokal di lingkungan sekitar mereka.
Downloads
References
Arini, N. M., & Sudatha, I. G. W. (2023). Bahan Ajar Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 623–635. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798
Megawati, V., Hananto, H., Benarkah, N., & Juniati., N. (2021). Keberlangsungan dan Pengembangan Desa Wisata Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMNAS ABDIMAS 2021) Peran Perguruan Tinggi Dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Di Masa Normal Baru.
Mokoagow, H. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IVMADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAITUL MAKMUR KOTAMOBAGU. 33(1), 1–12.
Mulyani, P. K., & Sholikha, S. N. (2024). Pengembangan Buku Ajar Keragaman Budaya Kota Solo untuk Materi IPS Kelas IV. Jurnal Sinektik, 7(1), 112–119. https://doi.org/10.33061/js.v7i1.10827
Philipp, M. (2021). Lesen – Schreiben – Lernen.
Rahayu, P., Marmoah, S., & Budiharto, T. (2024). Analisis Penerapan Prinsip Mayer Pada Multimedia Digital Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. 449.
Ratnawati, L., Ali, M., & Subhani, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Keritis Peserta Dididk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Suluh Edukasi, 04(1), 71–81. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/suluhedukasi/article/view/23039
Sahrowati, D., Pargito, P., & Pujiati, P. (2020). Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Ips Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Banjit. Jurnal Studi Sosial/Journal …, 8(1), 1–11. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/21207%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/viewFile/21207/14642
Syafira, N., Budijanto, B., & Wagistina, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Potensi Wisata Budaya di Kota Malang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(4), 2253. https://doi.org/10.35931/aq.v17i4.2365
Tanod, M. J., Jalal, F., & Zulela. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Critical Pedagogy Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 1 Palapa. 231–248.
Veronika, M., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Conceptual analysis of the relationship between culture and education. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(1), 1. https://doi.org/10.23916/08740011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selfiana Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 3
,
PDF Downloads: 0
