PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK DENGAN APLIKASI ARTIVULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 1 KARANGGENENG
Keywords:
Keyword: TPACK, Articulate Storyline, collaborative skills, Social Studies learning, educational technology.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dengan bantuan aplikasi Articulate Storyline terhadap peningkatan kemampuan kolaboratif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMPN 1 Karanggeneng. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan model pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta sesuai dengan tuntutan abad ke-21 dan era masyarakat 5.0. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pre-test and post-test. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi berbasis rubrik kemampuan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 21,6 pada saat pre-test menjadi 29,1 pada post-test. Uji statistik menggunakan one sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan kolaboratif siswa setelah penerapan media pembelajaran TPACK dengan aplikasi Articulate Storyline. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran ini menunjukkan hasil sangat baik dengan rata-rata sebesar 92,57%. Penelitian ini membuktikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan partisipasi aktif, pemahaman materi, dan kemampuan sosial siswa, khususnya kolaborasi. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi guru, sekolah, dan pengembang media pembelajaran untuk mengadopsi teknologi dalam strategi pengajaran. Penelitian ini juga memperkaya kajian teoritis mengenai efektivitas pendekatan TPACK yang dikombinasikan dengan media interaktif dalam meningkatkan keterampilan abad ke-21.
Downloads
References
Abricot, N., Zúñiga, C. G., Valencia-Castañeda, L., & Miranda-Arredondo, P. (2022). What learning is reported in social science classroom interventions? A scoping review of the literature. Studies in Educational Evaluation, 74, 101187.
Akbar, J. S., & Djakaria, D. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis Android menggunakan pendekatan inkuiri untuk menguatkan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) calon guru. Oxygenius Journal of Chemistry Education, 5(1), 46-53. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i2.549
Andrianto, H., & Darmawan, A. (2016). Arduino; Belajar Cepat dan Pemrograman.Atinjau dari Status Sertifikasi, Lama Mengajar, dan Bidang Studi Guru. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Rahmawati, B. F. & Zidni (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Fajar Historia Volume 3 Nomor 1, Juni 2019, hal 1-10.
Ratri, S. Y. (2022). Digital Storytelling pada pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Pena Karakter: Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter, 4(2), 15-22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irma Nur Faizah Muzaiyanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 16
,
PDF Downloads: 8
