Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan ChatGPT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Kearifan Lokal di MTsN 5 Magetan

Authors

  • Mutia Cahaya billah Afiliasi unesa

Keywords:

Model Pembelajaran Inquiry, Abad 21, Hasil Belajar, kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan ChatGPT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi kearifan lokal. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPS yang masih berpusat pada guru serta belum optimalnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test-post-test non-equivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas IX di MTsN 5 Magetan, yaitu kelas IX-H sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model inquiry berbantuan ChatGPT dan kelas IX-G sebagai kelas kontrol dengan model ekspositori. Data diperoleh melalui tes hasil belajar kognitif yang dianalisis menggunakan uji t independen dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran inquiry berbantuan ChatGPT. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, serta uji t menunjukkan perbedaan signifikan antar kedua kelas. Dengan demikian, model pembelajaran inquiry berbantuan ChatGPT berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bell, L. R. (2020). Inquiry-based Instruction: Understanding the Science Teaching and Learning Approach. National Science Teachers Association Press.

Choi, H., Park, Y., & Lee, J. (2023). Artificial intelligence in the classroom: Enhancing student engagement and critical reflection. Journal of Educational Technology & Society, 45-59.

Johnson, L. (2023). Fostering Creativity Through AI in Education. Creative Education Journal, 15(3), 200-215.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2021). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 123(3), 589-612.

Nguyen, L., & Walker, R. (2022). The Impact of AI-Driven Learning on Student Engagement. Journal of Educational Technology, 50(1), 75-90.

Putri, R. F., & Gunawan, H. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan teknologi dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 56-64.

Santoso, B., & Nugraha, R. (2023). Dampak Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 78-92.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik.

Sari, R. P., & Mulyani, S. (2023). Peran kegiatan pendahuluan dalam membangun kesiapan belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Progresif, 112-12

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2022). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (5th ed.). Pearson Education.

Suryadi, A., & Wijayanti, L. (2023). Peningkatan Partisipasi Siswa melalui Pendekatan Inkuiri. Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 33-47

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Cahaya billah, M. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan ChatGPT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Kearifan Lokal di MTsN 5 Magetan. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(4), 123–131. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/71617

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 32