Pengaruh Zero Waste Lifestyle Melalui Model Pembelajaran Project Based Laerning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di SMP Negeri 12 Surabaya

Authors

  • Amelia Febryanti Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Zero Waste, Project Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan, Pemanfaatan Sumber Daya Alam.

Abstract

Abstrak

Permasalahan lingkungan, terutama pengelolaan sampah, menjadi isu global yang mendesak. Sampah plastik yang sulit terurai menimbulkan pencemaran, kerusakan ekosistem, dan ancaman kesehatan. Di Surabaya, meski program lingkungan telah berjalan, penerapan prinsip zero waste masih menghadapi tantangan. Sekolah berperan strategis membentuk generasi peduli lingkungan, salah satunya melalui pembelajaran kontekstual seperti Project Based Learning (PjBL) terintegrasi zero waste.

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan gaya hidup zero waste melalui PjBL terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment, melibatkan kelas VIII-D sebagai eksperimen dan VIII-J sebagai kontrol, dipilih dengan purposive sampling. Data diperoleh melalui angket sebelum dan angket sesudah perlakuan, dianalisis dengan N-Gain, Uji Mann Whitney, dan Wilcoxon menggunakan SPSS 26.

Hasil penelitian menunjukkan penerapan zero waste melalui PjBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan. Rata-rata N-Gain Score 70 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen, serta terdapat perbedaan signifikan dengan kelas kontrol. Pendekatan ini mendorong keterlibatan aktif siswa, pemahaman kontekstual, dan sikap tanggung jawab terhadap lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astina, I. K., Suardana, I. N., & Susila, I. M. (2017). Penerapan One Man One Tree Project Based Learning untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 86–93.

Devi, R., & Idrus, N. I. (2023). Zero Waste Lifestyle: Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Kalangan Anak Muda di Kota Makassar. Emik, 6(1), 22–51. https://doi.org/10.46918/emik.v6i1.1667

Munisah, Arini Estiastuti, Bektiningsih, K., & Nurharini, A. (2018). Pendidikan Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan, 9(1), 64–74. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/KR-20/10558

Puspita, N. L. K., Arnyana, I. B. P., & Suma, K. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 10(1), 32–40.

Purwanti, Y. (2022). Efektivitas model Project Based Learning terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 7(2), 120–128.

Rahayu, S., & Maryono, M. (2018). Pengaruh Project Based Learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 203–210.

Rustan, K., Agustang, A., & Idrus, I. I. (2023). Penerapan Gaya Hidup Zero Waste Sebagai Upaya Penyelamatan Lingkungan Di Indonesia. SIBATIK JOURNAL, 2(6), 1763–1768. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i6.887

Saputra, A. R., & Kurniawati, L. A. (2021). Efektivitas model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPS, 9(1), 76–85.

Wardi, J., & Putri, G. E. (2024). Pengenalan Konsep Zero Waste Dengan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) Sejak Dini. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 8(1), 88–94.

Wahyuni, S. (2021). Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cawas. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 8(1), 34–42.

Downloads

Published

2025-10-16

How to Cite

Amelia Febryanti. (2025). Pengaruh Zero Waste Lifestyle Melalui Model Pembelajaran Project Based Laerning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di SMP Negeri 12 Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(3), 103–116. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/72582

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 37 , PDF Downloads: 25