Penerapan Ragam Hias Neq Limbongan Dan Pa’ Kapu Baka Toraja pada Busana Pesta Wanita

  • Wa Ode Nika Ayu Universitas Negeri Surabaya
  • Irma Russanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Ragam hias Toraja, Neq Limbongan, Pa’kapu Baka, busana pesta, bordir tempel

Abstract

Ragam hias Neq Limbongan dan Pa’kapu Baka yang berasal dari Sulawesi menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan karya busana. Tujuan dari penciptaan karya yaitu untuk mengetahui proses penerapan ragam hias Neq Limbongan dan Pa’kapu Baka Toraja dan hasil jadinya pada busana pesta wanita. Metode yang digunakan adalah Double Diamond Model, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Discover, Define, Develop, Deliver. Proses penerapan ragan hias Neq Limbongan dan Pa’kapu Baka tersebut menggunakan teknik lekapan bordir dengan payet dengan tusuk jelujur. Penerapan ragam hias Neq Limbongan dan Pa’kapu Baka pada busana pesta wanita terletak pada bagian badan depan dan badan belakang berbentuk V. Hasil jadi penerapan ragam hias Neq Limbongan dan Pa’kapu Baka Toraja pada busana pesta wanita dengan siluet mermaid secara keseluruhan menerapkan prinsip desain antara lain harmoni, keseimbangan dan pusat perhatian.

The ornamental variety of Neq Limbongan and Pa'kapu Baka originating from Sulawesi is a source of inspiration in making fashion works. The purpose of creating the work is to find out the process of applying the ornamental variety of Neq Limbongan and Pa'kapu Baka Toraja and the finished product to women's party dress. The method used is the Double Diamond Model, which consists of 4 stages, namely Discover, Define, Develop, Deliver. The process of applying Neq Limbongan and Pa'kapu Baka ornamental ragan uses embroidery technique with sequins with skewers. The application of Neq Limbongan and Pa'kapu Baka ornaments in women's party clothing lies in the V-shaped front and back body. The finished result of applying the ornamental variety of Neq Limbongan and Pa'kapu Baka Toraja to women's party clothing with mermaid silhouettes applies design principles including harmony, balance, and the center of interest.

Author Biography

Irma Russanti, Universitas Negeri Surabaya

Dosen D4 Tata Busana, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya

References

Darusman, Y. (2016). Kearifan Lokal Kerajinan Bordir Tasikmalaya Sebagai Ekonomi Kreatif Terbuka Untuk Modern (Studi di Kota Tasikmalaya Jawa Barat). Journal of Nonformal Education, 2(2).

Fatminingrum, S., & Yulistiana, Y. (2022). Penerapan Bordir Motif Bukang Marege dan Epaulettes pada Gaun Pengantin. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 3(1), 11-19.

Istiqomah, R. N. (2020). Bentuk Atap Dan Ornamen Rumah Adat Tongkonan Toraja Pada Tas Kulit Jenis Messenger Bag (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Istiqomah & Prihatina, (2021). Transformasi Bentuk Ragam Hias Puta Dino Sebagai Ornamen Bordir Busana Pengantin Wanita. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 2(2), 61-68.

Patriani, S. R. (2019). Perubahan visual desain arsitektur rumah adat toraja. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1), 113-124.

Lebang, Y. A. P. (2015). Analisis Semiotika Simbol Kekuasaan Pada Rumah Adat Toraja (Tongkonan Layuk). E-Journal Ilmu Komunikasi, 3(4), 158-172.

Ledbury, J. (2018). Design and product development in high-performance apparel. In High-Performance Apparel (pp. 175-189). Woodhead Publishing.

Nediari, A., & Hartanti, G. (2014). Pendokumentasian aplikasi ragam hias Toraja sebagai konservasi budaya bangsa pada perancangan interior. Humaniora, 5(2), 1279-1294.

Putri, L. (2022). Analisis Penerapan Prinsip Desain Pada Motif Bordir Kerawang Gayo Busana Wanita Di Kecamatan Kebayakan Takengon Aceh Tengah (Doctoral dissertation, UNIMED).

Radiawan, I. M., Sudharsana, T. I. R. C., & Diantari, N. K. Y. (2022). Application Of Balinese Ornament (Keketusan Kakul-Kakulan) In Endek Woven Fabric with Airbrush Technique For Evening Dress. Journal of Aesthetics, Design, and Art Management, 2(1), 73-86.

Sorger, R., & Udale, J. (2017). The fundamentals of fashion design. Bloomsbury Publishing.

Suciningtyas, R. C. A., Khikmiyah, L., & Ulah, Z. (2020). Identifikasi Arsitektur Toraja sebagai Bentuk Pertahanan-Situasional pada Gereja Toraja Jemaat Surabaya. Prosiding (SIAR) Seminar Ilmiah Arsitektur 2020.

Ulfa, W. (2017). Transformasi Tongkonan Dan Ragam Hias Toraja Sebagai Penciptaan Motif Batik Dalam Selendang (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Published
2022-12-15
How to Cite
Ayu, W. O., & Russanti, I. (2022). Penerapan Ragam Hias Neq Limbongan Dan Pa’ Kapu Baka Toraja pada Busana Pesta Wanita. BAJU: Journal of Fashion and Textile Design Unesa, 3(2), 68-75. https://doi.org/10.26740/baju.v3n2.p68-75
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 111