Pengembangan Desain Hanfu Sebagai Inspirasi Penciptaan Busana Pengantin Wanita

  • Nabila Sekarsari Khusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Yulistiana Yulistiana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Hanfu, Busana pengantin wanita, Unsur desain

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses dan hasil jadi pengembangan desain hanfu sebagai inspirasi penciptaan busana pengantin wanita. Metode yang digunakan adalah Three stage design process, yang terdiri dari 3 tahapan yaitu problem definition & research, creative exploration, dan implementation. Metode pengumpulan data berupa penilaian pengembangan desain menggunakan lembar penilaian dengan jumlah penilai sebanyak 4 dosen ahli dibidang tata busana. Instrumen lembar penilaian disusun berdasarkan kriteria pengembangan desain busana pengantin yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata berdasarkan kategori aspek penilaian. Hasil penelitian menyatakan 1) Proses pencarian sumber ide pada tahap problem definition menentukan hanfu sebagai sumber inspirasi yang dituangkan pada moodboard. Pada tahap creative exploration dilakukan pengembangan desain sesuai dengan sumber inspirasi. Tahap implementation penerapan ragam hias pada pengembangan desain busana pengantin wanita. 2) Hasil pengembangan desain hanfu sebagai inspirasi penciptaan busana pengantin wanita mencapai rerata nilai akhir 85 termasuk dalam kategori baik.

 

The research objective was to determine the finished results of the development design of hanfu as inspiration for the creation of bridal clothing. The method used is a three-design process (LaBat & Sokolowski, 1999), which consist of 3 stages, namely problem definition & research, creative exploration, and implementation. The method of data collection is in the form of an assessment of design development sheet with 4 assessors as expert lecturers in the field of fashion. The assessment was compiled based on the criteria for developing a dress design which was then analyzed using a descriptive method by calculating the average value based on the category of assessment aspects. The result of the study stated that 1) The process of finding the source of ideas at the problem definition stage determined Hanfu as a source of inspiration which was pored on the moodboard. In the creative exploration stage, design development is carried out according to the source of inspiration. The implementation stage of the application of decoration in the development of the bride’s design. 2) The results of the development design of hanfu as inspiration for the creation of Bridal clothing reached an average final score of 85 which was included in the good category.

Author Biography

Yulistiana Yulistiana, Universitas Negeri Surabaya

Program Vokasi

References

Dewi, I. M., & Whyuningsih, & U. (2020). Teknik Pembuatan Corset Dress Pada Koleksi Busana Pesta Di Alben Ayub Andal. Journal of Fashion and Textile Design Unesa, 1, 108–117.

Hariana. (2020). Pembentukan Hiasan Kepala Busana Pengantin sebagai Proses Pembelajaran dalam Menciptakan Modifikasi. Jurnal Kajian Seni, 07(01), 95–106.

Indarti, I. (2020). Metode Proses Desain dalam Penciptaan Produk Fashion dan Tekstil. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 1(2), 128-137.

Li, R. J., Tessarolo, J., Lee, H., & Clever, G. H. (2021). Multi-stimuli Control over Assembly and Guest Binding in Metallo-supramolecular Hosts Based on Dithienylethene Photoswitches. Journal of the American Chemical Society, 143(10), 3865–3873. https://doi.org/10.1021/jacs.0c12188

Meyrasyawati, D. (2013). Fesyen dan identitas: Simbolisasi budaya dan agama dalam busana pengantin Jawa Muslim di Surabaya. Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(2), 99-108.

Noerharyono, M., & Prabawati, M. (2020). EasyChair Preprint Study of Yogya Princess Wedding Clothes Study of Yogya Princess Wedding Clothes. EasyChair Preprint, 2396, 1–5.

Reis, M. H., Leibfarth, F. A., & Pitet, L. M. (2020). Polymerizations in Continuous Flow: Recent Advances in the Synthesis of Diverse Polymeric Materials. ACS Macro Letters, 9(1), 123–133. https://doi.org/10.1021/acsmacrolett.9b00933

Restimah, N., Studi, P., Tata, P., Studi, P., & Rupa, D. S. (2012). Manfaat Hasil Belajar Fashion Product Sebagai Kesiapan Merintis Usaha Bridal Accessories Fashion. 77–85.

Trismaya, N. (2018). Kebaya Dan Perempuan: Sebuah Narasi Tentang Identitas. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 6(2), 151-159.

Woelandhary, A. D. (2019). Unsur Rupa Dan Makna Pada Busana Pengantin Betawi. Jurnal Budaya Nusantara, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol3.no1.a21

Published
2022-07-17
How to Cite
Khusnul Khotimah, N., & Yulistiana, Y. (2022). Pengembangan Desain Hanfu Sebagai Inspirasi Penciptaan Busana Pengantin Wanita. BAJU: Journal of Fashion and Textile Design Unesa, 2(1), 24-34. https://doi.org/10.26740/baju.v2n1.p24-34
Section
Articles
Abstract Views: 213
PDF Downloads: 208