Pengembangan Desain Busana Pengantin Dengan Tema "The Bentenan Is Asmaralaya Of Tondano"

  • Aminatun nisak Universitas Negeri Surabaya
  • Yulistiana Yulistiana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pengembangan busana pengantin, Legenda Danau Tondano, Motif Bentenan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan busana pengantin dengan tema “the Bentenan is asmaralaya of Tondano”. Terinspirasi dari cerita rakyat legenda danau Tondano dan motif tenun Bentenan. Metode yang digunakan yaitu Double Diamond Design Prosses, yang terdiri dari 4 tahap yaitu  tahap discover merupakan  tema yang dibahas pada penelitian ini adalah “the Bentenan is asmaralaya of Tondano” yang memiliki arti motif tenun Bentenan adalah surga dari pulau Danau Tondano yang disesuaikan dengan inspiration picture. Tahap define merupakan hasil yang diperoleh dari penerapan suatu sumber ide pada sebuah karya, kemudian menciptakan basic design. Tahap develop yaitu tahap pengembangan desain dengan inspiration picture yang muncul dari sumber ide untuk diwujudkannya dalam  bentuk siluet I pada dress, cape yang bergelombang menunjukkan wujud air pada danau Tondano dan bordir motif Bentenan sebagai hiasan busana. hiasan Bordir ini bertujuan untuk memberi efek nyata dalam hiasan busana tersebut sesuai inspiration picture. Tahap deliver merupakan 5 pengembangan desain terbaik dan paling sesuai dengan inspiration picture dan tema. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  untuk membuat busana pengantin tersebut perlu menentukan pengembangan desain pada bagian siluet dress dan cape busana agar sesuai dengan style busana pengantin dan inspiration picture.

 

The purpose of the study was to determine the development of wedding dress with the theme "the Bentenan is asmaralaya of Tondano". Inspired by the folklore of the legend of lake Tondano and the weaving motif of Bentenan. The method used is the Double Diamond Design Process, which consists of 4 stages, namely the discover stage, the theme discussed in this study is "the Bentenan is asmaralaya of Tondano" which means the weaving motif of Bentenan is Heaven from the island of lake Tondano adapted to the inspiration picture. The define stage is the result obtained from applying a source of ideas to a work, then creating a basic design. The develop stage is the design development stage with an inspiration picture that emerged from the source of the idea to be realized in the form of an I silhouette on the dress, a wavy cape showing the shape of water on Lake Tondano and embroidery with Bentenan motifs as fashion decorations. This embroidery decoration aims to give a real effect in the fashion decoration according to the inspiration picture. The deliver stage is the 5 best design developments that are most in line with the inspiration picture and theme. The results showed that to make the wedding dress, it was necessary to determine the design development on the silhouette of the dress and cape to match the style of the wedding dress and the inspiration picture.

Author Biography

Yulistiana Yulistiana, Universitas Negeri Surabaya

Program Vokasi

References

Andari, M., & Yulistiana. (2020). Gaun Malam Futuristic. Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 1(2747–2574), 118–127. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baju/article/view/36073/33127

Chagas, G. F., & Mezabarba, S. R. (2019). Dressed to marry: Islam, fashion, and the making of muslim brides in Brazil. Religions, 10(9), 1–11. https://doi.org/10.3390/rel10090499

Derosa, J., Apolinar, O., Kang, T., Tran, V. T., & Engle, K. M. (2020). Recent developments in nickel-catalyzed intermolecular dicarbofunctionalization of alkenes. Chemical Science, 11(17), 4287–4296. https://doi.org/10.1039/c9sc06006e

Dewi, I. A. G. P. (2020). Simbol Tri Murti dalam Payas Agung Pengantin Bali. Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 9(1), 43. https://doi.org/10.25078/sjf.v9i1.1611

Granados Ortega, M. Á. (2021). Contextualización cultural de la petaca novohispana conservada en el Museo Arqueológico Nacional de Madrid. Res Mobilis, 10(13–2), 1–30. https://doi.org/10.17811/rm.10.13-2.2021.1-30

Hariana. (2020). Pembentukan Hiasan Kepala Busana Pengantin sebagai Proses Pembelajaran dalam Menciptakan Modifikasi. Jurnal Kajian Seni, 07(01), 95–106.

Harmelia, C. (2021). Perubahan desain busana adat pengantin wanita di kota pariaman sumatera barat. 10(November).

Indarti. (2020). Journal of Fashion & Textile Design Unesa. Journal of Fashion & Textile Design Unesa METODE, 1, 128–137.

Noerharyono, M., & Prabawati, M. (2020). EasyChair Preprint Study of Yogya Princess Wedding Clothes Study of Yogya Princess Wedding Clothes. EasyChair Preprint, 2396, 1–5.

Restimah, N., Studi, P., Tata, P., Studi, P., & Rupa, D. S. (2012). MANFAAT HASIL BELAJAR FASHION PRODUCT SEBAGAI KESIAPAN MERINTIS USAHA BRIDAL ACCESSORIES Fashion Design pada Program Studi D-III Seni Rupa dan Desain Universitas program studi ini . Hal ini terkait dengan perkembangan industri fashion kreatif. 77–85.

Samvelyan, H. J., Hughes, D., Stevens, C., & Staines, K. A. (2021). Models of Osteoarthritis: Relevance and New Insights. Calcified Tissue International, 109(3), 243–256. https://doi.org/10.1007/s00223-020-00670-x

Published
2022-07-17
How to Cite
nisak, A., & Yulistiana, Y. (2022). Pengembangan Desain Busana Pengantin Dengan Tema "The Bentenan Is Asmaralaya Of Tondano". BAJU: Journal of Fashion and Textile Design Unesa, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.26740/baju.v2n2.p69-77
Section
Articles
Abstract Views: 339
PDF Downloads: 239