Estetika Teknik Slashing pada Produk Tote Bag
DOI:
https://doi.org/10.26740/baju.v6n2.p197-209Kata Kunci:
Estetika, Slashing, Tote BagAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data estetika terhadap lima produk tote bag dengan aplikasi hiasan teknik slashing berdasarkan teori estetika menurut A.A.M Djelantik yang meliputi tiga aspek penilaian, yaitu aspek wujud atau rupa yang meliputi penerapan unsur desain dan prinsip desain, aspek bobot atau isi yang meliputi penyampaian gagasan atau ide, dan aspek penampilan atau penyajian yang meliputi penerapan sarana atau media. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain pre-experimental jenis one shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan angket campuran. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari 18 pernyataan dengan skala pengukuran rating scale yang dibagikan kepada 5 orang panelis ahli di bidangnya. Hasil penelitian estetika teknik slashing pada produk tote bag diperoleh hasil skor keseluruhan sebesar 91,4 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Aspek estetika yang memperoleh skor tertinggi adalah aspek penampilan atau penyajian dengan perolehan skor sebesar 93,3 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan produk yang memperoleh skor tertinggi adalah produk 2 dengan perolehan skor sebesar 92,2% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa aspek estetika wujud atau rupa, bobot atau isi, dan penampilan atau penyajian yang sesuai dengan teori estetika A.A.M Djelantik sudah sangat baik dalam penerapannya pada produk tote bag dengan teknik slashing.
Unduhan
Referensi
Andriyanto, D. S., Suyadi, I., & Fanani, D. (2016). Pengaruh Fashion Involvement dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(1), 42–49.
Farida, N., Widoretno, S., & Yuliastuti, E. (2020). Pembuatan Kantong Kain “Tote Bag” Sebagai Pengganti Kantong Plastik pada Pemuda Wirausaha Blitar. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4), 296–304.
Firdaus, N., Purnama, P. A., & Candrastuti, R. (2021). Tren Eco-Fashion dengan Kain Tenun Gedog Tuban dalam Fashion Fotografi Campaign. Acintya : Jurnal Penelitian Seni Budaya, 13(1), 65–71.
Hartanti, U. D., & Damayanti, A. (2022). Pembuatan Manipulasi Tekstil dengan Teknik Fabric Slashing pada Ready to Wear. 14(1).
Andriyanto, D. S., Suyadi, I., & Fanani, D. (2016). Pengaruh Fashion Involvement dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(1), 42–49.
Farida, N., Widoretno, S., & Yuliastuti, E. (2020). Pembuatan Kantong Kain “Tote Bag” Sebagai Pengganti Kantong Plastik pada Pemuda Wirausaha Blitar. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4), 296–304.
Firdaus, N., Purnama, P. A., & Candrastuti, R. (2021). Tren Eco-Fashion dengan Kain Tenun Gedog Tuban dalam Fashion Fotografi Campaign. Acintya : Jurnal Penelitian Seni Budaya, 13(1), 65–71.
Hartanti, U. D., & Damayanti, A. (2022). Pembuatan Manipulasi Tekstil dengan Teknik Fabric Slashing pada Ready to Wear. 14(1).
Rosdiana, A., Yulistianti, H. D., & Laila, A. N. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Kain Perca sebagai APE Pillow Doll untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Dedicators Community UNISNU JEPARA, 2(1), 1–7.
Sevi, D., & Russanti, I. (2019). Pengaruh Lebar Bias Terhadap Hasil Jadi Slashing pada Blus. e-journal, 08(3), 195–200.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Edisi kesa). PENERBIT ALFABETA BANDUNG.
Yates, J. (2023). Marc Jacobs Tote Bag: the best deals on the viral bag. Pink News. https://www.thepinknews.com/2023/07/26/marc-jacobs-tote-bag/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 100
,
PDF Downloads: 65

.png)

