Galerie des Glaces sebagai Sumber Ide Penciptaan Busana Pesta
DOI:
https://doi.org/10.26740/baju.v6n1.p48-61Kata Kunci:
manipulasi kain, istana versailles, arsitekturAbstrak
Galerie des Glaces merupakan salah satu ruangan ikonik di Istana Versailles yang ditandai dengan penggunaan panel kaca dalam jumlah banyak serta chandelier yang mendominasi ruang. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan unsur visual, mengaplikasikan teknik manipulating fabric dan siluet busana, serta mendeskripsikan proses pembuatan dan hasil jadi busana pesta dengan sumber ide Galerie des Glaces. Metode yang diterapkan dalam penelitian adalah metode Double Diamond Model, yang terdiri dari empat tahap yaitu discover mencari, menemukan, dan mengumpulkan informasi untuk dijadikan sumber ide. Tahap define, yaitu mendefinisikan informasi yang telah didapatkan pada tahap discover, kemudian dituangkan dalam bentuk moodboard. Tahap develop, yaitu membuat dan mengembangkan desain sesuai moodboard. Tahap deliver, yaitu menganalisis dan mengevaluasi sesuai masukin yang didapatkan terkait prototipe dan desain terpilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang Galerie des Glaces atau ornamen arsitektur bisa menjadi sumber ide yang memiliki karakteristik kuat dalam pembuatan busana pesta, terutama melalui penerapan siluet yang elegan maupun manipulating fabric cording dan fringe. Desain busana pesta yang dihasilkan tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mencerminkan keanggunan, menghasilkan busana pesta yang eksklusif dan penuh cerita.
Unduhan
Referensi
Anggarini, A., Bangun, D. A. N., & Saripudin, I. (2020). Alternatif model penyusunan mood board sebagai metode berpikir kreatif dalam pengembangan konsep visual. Journal Printing and Packaging Technology, 1(1).
Bazin-Henry, S. (2022). La galerie des Glaces: un modèle emblématique?. De la réception des décors de miroirs français par les voyageurs allemands aux Spiegelkabinette et Spiegelgalerien dans les cours de l’Empire. Bulletin du Centre de recherche du château de Versailles. Sociétés de cour en Europe, XVIe-XIXe siècle-European Court Societies, 16th to 19th Centuries, (21).
Bouk, H. S. (2020). Metafisika Politik: Menimbang Kekuatan Aristokrasi dalam Pilkada Belu dan Malaka Tahun 2020. JAP UNWIRA, 3(2), 130-140.
Fauveaux, S., & Duchene, M. (2014). Lightning Protection At The Palace Of Versailles. International Lightning Protection Association Symposium
Indarti, I. (2020). Metode Proses Desain dalam Penciptaan Produk Fashion dan Tekstil. BAJU: Journal of Fashion and Textile Design Unesa, 1(2), 128-137.
Janah, S. H. L., Budhyani, I. D. A. M., & Sudirtha, I. G. (2021). Pengembangan Media Moodboard Berbantuan Aplikasi Pengolah Gambar pada Pembelajaran Desain Busana. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 12(1), 8-16.
Khadijah, K. (2022). Studi Perbandingan Metodologi Ui/Ux (Studi Kasus: Prototype Aplikasi Pdbi Academic Information System). KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, 2(4), 292-301.
Li, Y. (2024). Foundation Course Design Based On Double-Diamond Model Theory. International Conference On Financial Management, Humanities And Social Sciences. 367-372. Https://Doi.Org/10.25236/Icfmhss.2024.059
Nafisah, S., & Marwati, S. (2022). Designing Party Dress with Wijayakusuma Batik Motif. ARTISTIC: International Journal of Creation and Innovation, 3(1), 65-88.
Pamungkas, D. T. (2018). Tubuh Manusia Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Lukis. Jurnal Seni Rupa, 6(01), 775-785.
Qastarin, A., & Siagian, M. C. A. (2019). Eksplorasi Organza Sebagai Material Utama Pada Perancangan Busana Pesta. EProceedings of Art & Design, 6(1).
Rasyid, E. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Keistimewaan Estetika Desain Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Salah Satu Departement Store di Jakarta Utara.
Shtrum, B., & Lagarde, O. (2019). The Chandeliers Of The Château De Versailles: Research, Conservation And Re-Electrification. 33-40.
Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic literature review: peran media sosial instagram terhadap perkembangan digital marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), 163-179.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 146
,
PDF Downloads: 219

.png)

