PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GASAL BERBASIS PSYCHOWRITING KURIKULUM 2013 IMPLEMENTASI 2016

  • IKA FAJAR SARI

Abstract

Keberadaan perangkat pembelajaran diperlukan sebagai pedoman pendidik dalam melakukan aktivitas pengajaran, sehingga seorang pendidik dapat mengetahui langkah-langkah pengajaran yang harus dilakukan, perlakuan yang diberikan kepada peserta didik, materi yang diajarkan, pemberian tugas, pemilihan media, dan penilaian. Perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis psychowriting menekankan pada proses pembelajaran, yaitu perlakuan yang diberikan pendidik kepada peserta didik sesuai dengan kecenderungan tipe pribadi yang dimiliki. Konsep psychowriting membantu pendidik untuk mengetahui kecenderungan tipe pribadi peserta didik dan untuk mengetahui hasil tulisan peserta didik berdasarkan pribadinya. Implementasi perangkat pembelajaran berbasis psychowriting membutuhkan media dan materi ajar sebagai bahan untuk melatih keterampilan menulis. Dalam penenlitian ini perangkat pembelajaran berbasisi psychowriting diterapkan pada materi ajar teks hikayat. Perangkat pembelajaran berbasis psychowriting disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku, yaitu kurikulum 2013 implementasi 2016. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis psychowriting untuk siswa SMA kelas X. Penelitian pengembangan ini menjelaskan dan mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas perangkat pembelajaran berbasis psychowriting. Pada proses pengembangan yang telah dilakukan, yaitu tahap pendefinisian yang meliputi analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan yang meliputi pemilihan format atau desain awal perangkat pembelajaran. Tahap pengembangan yang meliputi validasi, uji coba, dan revisi hingga dihasilkan perangkat pembelajaran final. Pada kualitas pengembangan perangkat pembelajran dapat diketahui dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.

  

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Psychowriting, Model Pengembangan

Published
2017-05-08
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 94