PENGEMBANGAN MEDIA MINI MADING LIPAT KAIN (MIMALIKA) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PADA PSYCHOWRITING KELAS  X  SEMESTER GASAL BERDASARKAN KURIKULUM 2013 IMPLEMENTASI 2016

  • WAHYU MESTIKANINGRUM

Abstract

Pada kurikulum 2013 implementasi 2016 terjadi perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut satu diantaranya ada pada teks kelas X SMA. Seiring dengan perubahan tersebut,  media pembelajaran yang digunakan juga berbeda disesuaikan dengan  teks.  Pembelajaran menggunakan media akan menarik perhatian siswa, apabila bersifat inovatif. Berdasakan pernyataan tersebut, penelitian “Pengembangan Media Mini Mading Lipat Kain (Mimalika) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis pada Psychowriting Kelas  X  Semester Gasal Berdasarkan Kurikulum 2013 Implementasi 2016” diakukan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sadiman yang memiliki enam langkah,yaitu (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa; (2 )merumuskan tujuan instruksional pembelajaran; (3) merumuskan butir-butir materi; (4) mengembangkan alat ukur keberhasilan; (5) menulis naskah media; (6) mengadakan tes dan revisi.Penelitian pengembangan ini menghasilkan Media Mini Mading Lipat Kain (Mimalika) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pada Psychowriting Kelas  X  semester gasal berdasarkan kurikulum 2013 implementasi 2016 dan deskripsi mengenai proses pengembangan, serta kualitas media. Media mini mading lipat kain (mimalika) berbasis Psychowrting dikategorikan “sangat layak” dengan peresentase 86,53%. Berdasarkan respon siswa dengan presentasi 78,25% maka kepratisan media tergolong “praktis”. Hasil belajar siswa tergolong “sangat baik” dengan rata-rata siswa 85,40. Berdasarkan aktivias guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media Mimalika berbasis Pschyowriting, maka media  ini tergolong “baik” dengan  persentase 80%. Berdasarkan ketiga hal tersebut, maka keefektifan media Mimalika berbasis Pschyowriting dalam pembelajaran tergolong “sangat efektif” dengan persentase 81.80%. Setelah mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, maka dapat disimpulkan bahwa media Mimalika berbasis pschyowriting tergolong sangat layak, praktis, dan efektif, sehingga media Mimalika berbasis pschyowriting tergolong “sangat berkualitas” dengan persentase 82,14%.

Kata Kunci: Media pembelajaran, teks pada kelas X, pschyowriting, proses pengembangan, kualitas media..

Published
2017-05-08
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 270