NILAI MORAL DALAM NOVEL ANAK ALLAH SELALU BERSAMA KITA KARYA BAMBANG JOKO SUSILO (KAJIAN MORALITAS IMMANUEL KANT)

  • GENTHA HALVI SETYANTI

Abstract

Perkembangan kepribadian anak selain dapat terbentuk lewat lingkungannya, contoh yang diberikan orang tua, sekolah, sampai pada kehidupan sosialnya (dunia bermain), novel anak juga memiliki peranan penting untuk membentuk kepribadian anak dalam bentuk bacaan. Itulah alasan peneliti untuk mengambil fokus novel anak yang berjudul Allah Selalu Bersama Kita karya Bambang Joko Susilo karena di dalam novel anak tersebut, banyak sikap dan perilaku tokoh yang baik untuk ditiru. Sikap dan perilaku tokoh tersebut mengandung nilai moral. Fungsi nilai moral untuk anak sendiri dapat membiasakan anak dalam berperilaku baik, mempunyai etika, rasa tanggung jawab, dan melaksanakan kewajibannya dengan baik.     Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai moral ketuhanan dalam novel anak Allah Selalu Bersama Kita karya Bambang Joko Susilo? (2) Bagaimana nilai moral sosial dalam novel anak Allah Selalu Bersama Kita karya Bambang Joko Susilo? (3) Bagaimana nilai moral diri sendiri dalam novel anak Allah Selalu Bersama Kita karya Bambang Joko Susilo?

       Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Pendekatan pragmatik adalah pendekatan yang ingin yang ingin memperlihatkan kesan dan penerimaan pembaca terhadap karya sastra. Artinya, pendekatan pragmatik memandang karya sastra sebagai suatu sarana untuk menyampaikan tujuan tertentu kepada pembaca. Nilai moral merupakan satu di antara beberapa tujuan yang akan disampaikan kepada pembaca melalui pendekatan pragmatik.

       Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa: (1) nilai moral ketuhanan mencakup tiga bentuk nilai moral, yaitu melakukan salat, menaati anjuran agama, dan mengajarkan ilmu agama, (2) nilai moral sosial juga mencakup tiga bentuk nilai moral, yaitu peduli terhadap sesama, membantu sesama, dan saling menghormati, sedangkan (3) nilai moral diri sendiri mencakup empat bentuk nilai moral, yaitu berpikiran positif, berinisiatif, bersikap ikhlas, dan bekerja keras.

Kata kunci: Nilai Moral Ketuhanan, Nilai Moral Sosial, Nilai Moral Diri Sendiri

Published
2017-05-08
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 153