JALAN TAMBLONG: KUMPULAN DRAMA MUSIK KARYA REMY SYLADO (KAJIAN INTERAKSIONISME SIMBOLIK GEORGE HERBERT MEAD)

  • ALMAYDA KURNIA PUTRI

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh teater sebagai literatur atau disebut dengan drama yang di dalamnya terdapat interaksi simbolik. Hal tersebut dibuktikan dengan dialog dalam drama yang  menunjukkan adanya komunikasi secara verbal maupun non verbal antartokoh ketika berinteraksi. Pada Jalan Tamblong: Kumpulan Drama Musik karya Remy Sylado, tokoh-tokoh di dalamnya melakukan interaksi dan memunculkan adanya dialog beserta tindakan yang bersifat simbolik baik secara verbal maupun non verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pikiran (mind) dalam Jalan Tamblong: Kumpulan Drama Musik karya Remy Sylado. (2) Mendeskripsikan diri (self) dalam Jalan Tamblong: Kumpulan Drama Musik karya Remy Sylado. (3) Mendeskripsikan masyarakat (society) dalam Jalan Tamblong: Kumpulan Drama Musik karya Remy Sylado. Pada penelitian ini digunakan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian adalah Jalan Tamblong: Kumpulan Drama Musik karya Remy Sylado. Data penelitian berupa dialog antartokoh dan narasi yang terdapat pada drama. Teknik analisis isi digunakan dalam penelitian ini untuk memaknai proses interaksi simbolik dalam dialog antartokoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksionisme simbolik terdapat dalam Jalan Tamblong: Kumpulan Drama Musik karya Remy Sylado. Interaksionisme simbolik berupa pikiran (mind) terdapat pada setiap tokoh ketika proses mental terjadi dan menggunakan simbol yang bermakna sosial baik secara verbal maupun nonverbal , diri (self) terdapat pada setiap tokoh ketika memunculkan diri dalam bentuk I dan Me, dan masyarakat (society) terdapat pada setiap tokoh ketika memunculkan pola-pola interaksi dalam bentuk Me.

Published
2017-07-24
Abstract Views: 317
PDF Downloads: 488