Wacana Kekuasaan Dalam Novel Animal Farm Karya George Orwell: Perspektif Michel Foucault

  • VERICA PUTRI RAHMA ANGGRAENI

Abstract

Karya sastra merupakan kekuatan fiktif dan imajinatif untuk merefleksikan gambaran sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat secara langsung. Salah satu bentuk refleksi atas gambaran sosial tersebut memuat mengenai masalah-masalah yang terjadi di dalam masyarakat. Salah satunya adalah mengenai kekuasaan dan relasi kekuasaan. Kekuasaan bukan sekadar mengenai penindasan, kekerasan ataupun tindakan represif, sebaliknya kekuasaan bersifat terselubung melalui wacana-wacana dan menimbulkan kontrol terhadap individu. Hal tersebut telah dijabarkan oleh Michel Foucault dalam perspektif wacana kekuasaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengkaji mengenai relasi kekuasaan yang terdapat dalam novel Animal Farm karya George Orwell menggunakan perspektif wacana Michel Foucault sebagai pisau bedah.

Pemenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan mimesis. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas novel Animal Farm karya George Orwell tahun 2016 dan berita yang memuat mengenai masalah relasi kekuasaan sebagai bukti atas refleksi gambaran sosial yang terjadi dalam masyarakat. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan kata, kalimat dan paragraph yang menunjukkan relasi kuasa dalam novel dan berita. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pustaka. Metode analisi data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis.

Hasil penelitian yang ditemuka dalam novel Animal Farm karya George Orwell yaitu, 1) Media penyebaran kuasa yang ditemukan dalam novel Animal Farm karya George Orwell berupa budaya, negara, dan lembaga. Media penyebaran kuasa melalui budaya berupa lagu, penetapan hari peringatan, dan penggolongan tubuh. Media penyebaran kuasa melalui negara berupa penetapan suatu peraturan, dan militer. Sedangkan media penyebaran kuasa melalui lembaga berupa rumah sakit dan pengadilan, 2) bentuk relasi kuasa dalam novel Animal Farm karya George Orwell ada dua, yaitu bentuk relasi kuasa atas pemikiran dan bentuk relasi kuasa atas tubuh. Bentuk relasi kuasa atas pikiran dalam novel Animal Farm karya George Orwell berupa stigmatisasi, kontrol, dan manipulasi. Bentuk relasi kuasa atas tubuh sosial dan seksual atau individu. 3) terdapat perlawanan terhadap representasi kuasa. Perlawanan tersebut berupa pengafirmasian dan resistensi. Pengafirmasian ditunjukan melalui tindakan setelah adanya wacana yang digulirkan yaitu dengan menerima wacana tersebut serta melakukan tindakan sesuai dengan wacana tersebut, sedangkan resistensi ditunjukkan dengan tindakan penolakan mengenai wacana tersebut, penolakan berupa tindakan penolakan secara langsung serta tindakan penolakan melalui tubuh yang tidak menjalankan sesuai wacana tersebut. 4) terdapat representasi wacana kekuasaan yang dibangun masyarakat dalam perspektif Michel Foucault pada novel Animal Farm karya George Orwell. Bentuk relasi kekuasaan yang terdapat pada novel berupa relasi kuasa atas pikiran dan tubuh ditemukan juga di kehidupan masyarakat. Dengan demikian dapat disipulkan bahwa novel Animal Farm karya George Orwell merupakan cerminan atas kehidupan masyarakat.

Kata Kunci : Karya sastra, refleksi, wacana, relasi kuasa, novel Animal Farm, Michel Foucault



Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 226
PDF Downloads: 493