TATA BAHASA DALAM BUKU BAHAN BACAAN LITERASI UNTUK PESERTA DIDIK SMA

  • SHOVIA KHOIRUR ROHMAH

Abstract

Buku bahan bacaan literasi adalah buku yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai buku nonteks pelajaran untuk peserta didik di Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia adalah badan yang kompeten dalam hal kebahasaan. Dalam hal ini akan dilihat apakah buku terbitan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia meskipun berjenis karya sastra tetapi juga baik dalam hal tata bahasa. Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kalimat berdasarkan jumlah klausa dalam buku bahan bacaan literasi. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang terdapat dalam buku bahan bacaan literasi untuk peserta didik SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan teknik kajian isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kalimat tunggal memiliki persentase penggunaan sebesar 72%, sedangkan kalimat majemuk memiliki persentase penggunaan sebesar 28%. Jenis kalimat dalam buku bahan bacaan literasi untuk peserta didik SMA belum mencerminkan level bahasa untuk usia pembaca SMA yang seharusnya penggunaan kalimat majemuk yang lebih besar dibanding dengan kalimat tunggal. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai masukan dalam menyusun buku bahan bacaan literasi untuk peserta didik SMA.

Kata Kunci: jenis kalimat, buku bahan bacaan literasi.

The literacy reading book is a book published by the Indonesian Ministry of Education and Culture Development and Development Agency as a non-teaching book for learners in Indonesia. Agency for Language Development and Development Ministry of Education and Culture Indonesia is a competent body in terms of language. In this case will be seen whether the book published by the Agency for the Development and Development of Language Ministry of Education and Culture of Indonesia despite the type of literary works but also good in terms of grammar. Related to that, this study aims to the type of sentence based on the number of clauses in the literacy reading book. The data in this research is sentence contained in literacy reading book for senior high school students. Data retrieval method used in this research is documentation method with content analysis technique. The results showed that single sentence has a percentage of use of 72%, while the compound sentence has a percentage of 28% usage. The type of sentence in the literacy reading book for senior high school students has not reflected the level of language for high school readers who should use larger compound sentences than single sentences. The result of this study can be used by the Indonesian Ministry of Education and Culture Development and Development Agency as an input in preparing the literacy reading book for high students.

Keywords: the type of sentence, literacy reading book.






Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 90