Nilai Moral dalam Novel Merdeka Sejak Hati Karya A. Fuadi (Kajian Moralitas James Rachels)

  • BELLA DILIA MAHARINA

Abstract

Gejolak sosial yang berkembang dalam dunia modern membuat peran moral semakin mempengaruhi masyarakat. Situasi-situati moral yang berkembang menyebabkan kesulitan moral sehingga studi tentang nilai moral seharusnya dilakukan. Berdasarkan uraian tersebut novel sebagai cerminan kehidupan masyarakat digunakan sebagai sumber data penelitian tentang penerapan nilai moral. Novel Merdeka Sejak Hati menarik dikarenakan mengandung nilai moral yang mudah dipahami yaitu tentang perjuangan seorang pahlawan nasional. Nilai moral yang mendominasi dalam novel tersebut adalah nilai moral keberanian, nilai moral kemurahan hati, nilai moral kejujuran, dan nilai moral kesetiaan. Keempat nilai tersebut selaras dengan teori yang digunakan yaitu moralitas James Rachels.

Penerapan nilai moral menjadi rumusan masalah yang utama dalam penelitian ini. Selanjutnya, nilai moral tersebut akan diketahui fungsinya berdasarkan data yaitu berupa dialog, kalimat, dan penggalan paragraf dalam novel dengan tujuan dapat menjadi refleksi bagi pembaca

Oleh karena sumber data penelitian ini adalah karya sastra, maka pendekatan yang digunakan juga mengacu pada pendekatan penelitian sastra yaitu sosiologi sastra dengan pisau analisis moral. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu content analysis untuk mengolah data berupa teks karya sastra dan menganalisis sesuai rumusan masalah.

Berdasarkan hasil analisis nilai moral dalam novel Merdeka Sejak Hati menggunakan teori moralitas James Rachels, dapat disimpulkan bahwa keempat keutamaan teori moral yaitu keberanian, kemurahan hati, kejujuran, dan kesetiaan menunjukkan kesesuaian dengan data yang ditemukan. Nilai moral keberanian menjadi nilai yang mendominasi dalam novel tersebut. Lafran sebagai tokoh utama menjadi tokoh yang menunjukkan nilai dengan jumlah paling banyak. Setiap nilai yang diperoleh dari hasil analisis data selanjutnya dianalisis menggunakan fungsi moral sehingga diketahui kegunaannya bagi tokoh dalam novel.




Published
2020-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 189
PDF Downloads: 565