PENGARUH PENERAPAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DI KELAS X SMAN 1 BLULUK

  • Dewi Anggita Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menghasilkan deskripsi penerapan MID terhadap pembelajaran
menganalisis unsur pembangun puisi di kelas X SMAN 1 Bluluk, (2) menjelaskan pengaruh MID terhadap
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi siswa kelas X SMAN 1
Bluluk, serta (3) mengetahui respons siswa terhadap penerapan MID dalam pembelajaran menganalisis
unsur pembangun puisi di kelas X SMAN 1 Bluluk. Penelitian ini menggunakan metode True
Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian
yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 1 Bluluk. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes awal dan tes akhir, serta kuesioner. Instrumen
dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar penilaian siswa, dan angket
respons siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan mencari persentase dan uji t signifikasi. Hasil
kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi pun dinilai oleh pihak-pihak yang ahli di bidangnya.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persentase aktivitas siswa sebesar 90,62%, dan persentase aktivitas
guru sebesar 89,58%. Hasil belajar pada rata-rata pretest 75,49 dan rata-rata hasil postest 83,83. Nilai ratarata peserta didik mengalami kenaikan yang signifikan. Selanjutnya pada penghitungan signifikansi Uji t
menunjukkan bahwa thitung>ttabel dengan nilai 5.268>1.996 yang artinya penerapan model pembelajaran
Meaningful Instructional Design efektif dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun
puisi siswa kelas X SMAN 1 Bluluk. Hasil respons siswa dikategorikan sangat sesuai untuk penerapan
model pembelajaran MID dengan persentase 87,14% sedangkan sangat tinggi untuk kemampuan
menganalisis unsur pembangun puisi dengan persentase 89,29%.
Kata Kunci: eksperimen, Meaningful Instructional Design, unsur pembangun puisi.

Published
2022-06-19
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 110