SOSIOLEK DALAM KOMUNIKASI PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA BARU DRIYOREJO: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

  • Rahmatul Achadiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kajian ini menunjukkan perbedaan bentuk tutur sosiolek dan fungsi bahasa sesuai dengan keragaman
bahasadi dalam masyarakat. Sosiolek tersebut menekankan pada pola komunikasi yang dituturkan oleh
pedagang dengan pembeli di wilayah Kota Baru Driyorejo sesuai dengan identitas dan ciri khas bahasa
masing-masing. Keragaman bahasa yang digunakan oleh pedagang dapat mempengaruhi kultur sosial dalam
bermasyarakat sehingga bertujuan untuk mengetahui bentuk ragam sosiolek dan faktor-faktor sosial sesuai
dengan karakteristik individu dan situasi di dalam masyarakat. Dalam hal ini, menggunakan
metodepenelitian deskriptif dan kuantitatif dengan teknik observasi dan dokumentasi untuk pengambilan
data. Kemudian menggunakan teknik simak dan teknik catat untuk menentukan data dan melakukan analisis
data sehingga diperoleh hasil penelitian berupa bentuk ragam sosiolek berdasarkan proses morfologis, yakni
afiksasi, reduplikasi, akronim, dan substitusi fonem serta faktor-faktor sosial yang mempengaruhi adanya
bentuk sosiolek, yakni jenis kelamin, usia, sosiokultural, dan pekerjaan. Hasil temuan ini dapat dimanfaatkan
sebagai bahan rujukan untuk penelitian lebih lanjut berkaitan dengan ragam sosiolek.
Kata Kunci: ragam sosiolek, faktor-faktor, pedagang kaki lima, sosiolinguistik.

Published
2022-07-07
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 198