Citra Wanita dalam Novel Alun Samudra Rasa Karya Ardini Pangastuti BN dan Novel Lalita Karya Ayu Utami (Kajian Sastra Bandingan)

  • Khuzaimatul Islamiyah UNESA
  • Darni Darni UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn dan novel Lalita karya Ayu Utami keduanya memiliki kesamaan tentang penceritaan citra wanita. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memahami citra wanita, (2) mengetahui dampak yang terjadi terhadap wanita akibat citranya, dan (3) mengetahui upaya yang dilakukan oleh tokoh wanita dalam menghadapi dampak yang diterimanya akibat citra wanita. Hasil penelitian ditemukan bahwa citra wanita terdiri atas tiga yaitu, citra fisik, citra psikis, dan citra sosial. Citra terhadap wanita mengakibatkan berbagai dampak seperti terjadinya diskriminasi terhadap wanita, tindakan kekerasan dalam rumah tangga, dan pemerkosaan. Upaya yang dilakukan oleh para wanita yang mendapatkan tindakan tersebut adalah berubah dan lahir menjadi jiwa baru, menjadi sosok yang berani, dan tidak bergantung kepada pria saja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sastra bandingan afinitas dari Suripan Sadi Hutomo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu novel ASR yang menggunakan Bahasa Jawa dan novel Lalita yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Kata kunci: citra wanita, diskriminasi wanita, kekerasan dalam rumah tangga, sastra bandingan

Published
2021-05-27
How to Cite
Islamiyah, K., & Darni, D. (2021). Citra Wanita dalam Novel Alun Samudra Rasa Karya Ardini Pangastuti BN dan Novel Lalita Karya Ayu Utami (Kajian Sastra Bandingan). JOB (Jurnal Online Baradha), 17(2), 565-586. https://doi.org/10.26740/job.v17n2.p565-586
Section
Articles
Abstract Views: 366
PDF Downloads: 302