VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PENDEKATAN SALINGTEMAS PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA
Abstract
Materi ekosistem adalah salah satu materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, dan siswa akan mudah untuk memahami konsep materi tersebut jika dilakukan berdasarkan aktivitasnya sendiri. Untuk dapat menunjang pelaksanaan proses pembelajaran materi ekosistem, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berbasis pendekatan Salingtemas (sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) dapat membimbing siswa dalam mengintegrasikan materi yang diberikan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan Salingtemas pada materi ekosistem kelas X SMA yang valid berdasarkan hasil penilaian validitas dari pakar biologi, pakar pendidikan dan guru biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D. Tahapan model pengembangan ini adalah define (pendefinisisan), design (perencanaan), develope (pengembangan) dan disseminate (penyebaran), tetapi pada tahap disseminate tidak dilakukan. Kegiatan pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya pada bulan Januari - Mei 2017 yang diujicobakan secara terbatas pada 16 siswa kelas X-MIA di MA Ma’arif Pare. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan rata-rata validitas LKS sebesar 3,6 dan termasuk kedalam kategori valid. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.
PDF Downloads: 152