EFEKTIVITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS GROUP INVESTIGASTION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA

  • Fajar Septyana
  • Tarzan Purnomo

Abstract

Group investigation adalah model pembelajaran koopertif yang merupakan metode pembelajaran dengan siswa belajar secara berkelompok, berdasarkan dengan topik yang dipilih oleh siswa. Ada pun Langkah-langkah Group Investigation adalah sebagai berikut : Langkah pertama pengelompokan dan pemilihan topic, Langkah ke dua perencanaan, Langkah ketiga investigation, Langkah keempat pengorganisasian, Langkah kelima presentasi, Langkah keenam evaluasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan LKS Group Investigation untuk melatihkan berpikir kritis siswa kelas XSMA berdasarkan penilaian 3 pakar. Terdapat empat LKS yang dikembangkan yaitu LKS perubahan lingkungan, LKS pencemaran air, LKS pencemaran uadar, dan LKS pencemaran tanah  . Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilaksanakan. Analisis data menggunakan metode tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Group Investigation dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Keefektifan ditinjau dari keterlaksanaan LKS sebesar 99,46 % dan hasil belajar peserta didik sebesar 100 % dengan kategori sangat baik

Kata Kunci: =Efektivitas, LKS, Model Group Investigation, Perubahan Lingkungan

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 56