Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Literasi Sains pada Submateri Sistem Peredaran Darah Manusia
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p89-97Abstract
Kurikulum 2013 menekankan peserta didik untuk menguasai keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu keterampilan yang wajib dikuasai yaitu keterampilan literasi sains. Literasi sains merupakan keterampilan untuk memahami cara penggunaan sains, cara sains diperoleh, dan cara membedakan sains dengan pengetahuan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, reliabilitas, danĀ tingkat kesukaran soal instrumen penilaian serta mengukur keterampilan literasi sains terhadap submateri sistem peredaran darah manusia. Metode penelitian menggunakan metode R&D, namun hanya sampai tahap ke enam yaitu uji coba terbatas. Instrumen penilaian berisikan lima belas soal pilihan ganda dengan empat opsi pilihan. Validasi teoritis dilaksanakan oleh ahli pendidikan dan materi. Instrumen validasi menggunakan skala Guttman terdiri dari enam belas pernyataan terkait aspek materi, konstruk, dan bahasa. Validitas empiris ditentukan berdasarkan hasil uji coba terbatas terhadap 20 peserta didik kelas XI MIPA SMA Labschool Unesa dengan mengidentifikasi validitas empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan keterampilan literasi sains. Hasil validitas teoritis mendapatkan nilai 100% dengan kategori sangat valid. Hasil validitas empiris mendapatkan nilai 86,67% dengan kategori valid. Hasil uji reliabilitas mendapatkan nilai 0,722 dengan kategori valid. Proporsi tingkat kesukaran soal menunjukkan 13% soal sukar, 74% soal sedang, dan 13% soal mudah. Tingkat keterampilan literasi sains peserta didik menunjukkan rata-rata nilai 51,67 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk instrumen penilaian keterampilan literasi sains pada submateri sistem peredaran darah manusia telah dinyatakan valid, reliabel, dan dapat mengukur keterampilan literasi sains peserta didik.
Kata Kunci: Instrumen penilaian, keterampilan literasi sains, sistem peredaran darah manusia.