HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA

  • Julia Fatmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Hermien Laksmiwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Mahasiswa dikatakan berhasil dalam studinya apabila dapat menyelesaikan studi hingga lulus. Ujian skripsi sebagai salah satu proses yang menentukan kelulusan sangat penting bagi mahasiswa strata satu (S1). Pada ujian skripsi, mahasiswa harus mempertanggungjawabkan dan mempertahankan hasil penelitian yang telah dituangkan ke dalam skripsi. Bayangan mengenai proses ujian dan berbagai pertanyaan sulit yang harus dijawab selama ujian mengakibatkan tidak sedikit mahasiswa mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian skripsi. Efikasi diri mahasiswa terwujud dalam keyakinan yang dimiliki akan kesanggupan dirinya untuk dapat menghadapi ujian skripsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian skripsi pada mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan X, salah satu universitas di Surabaya. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 65 mahasiswa yang memprogram mata kuliah skripsi. Instrumen penelitian terdiri dari skala efikasi diri berdasarkan General Self-Efficacy Scale (GSES) yang dikembangkan oleh Schwarzer dan Jerusalem yang berjumlah 10 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,948 dan skala kecemasan menghadapi ujian skripsi yang memiliki 32 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,952. Pada penelitian ini, analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan aplikasi SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi -0,818 yang artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan dengan arah hubungan negatif antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian skripsi pada mahasiswa. Efikasi diri yang tinggi pada mahasiswa akan menjadikan semakin rendah kecemasan menghadapi ujian skripsi yang dialami.

Kata Kunci: efikasi diri, kecemasan menghadapi ujian skripsi, mahasiswa.

 

Abstract

Students are considered successful in their studies if they are able to finish their coursework and graduate. The importance of the thesis examination as one of the criteria for graduation can not be overstated for bachelor’s degree student. During the thesis examination, students must take responsibility for and defend the thesis's research findings. The image of the examination procedure and the numerous challenging questions that must be answered throughout the examination induced anxiety in a number of students confronting the thesis examination. Students' self-efficacy is demonstrated by their confidence in their abilities to perform well on the thesis test.The purpose of this study is to evaluate the association between self-efficacy and anxiety in students facing thesis exams. This research has made use of a quantitative approach. The research population consists of students majoring in X at one of Surabaya's universities. This research utilized a sample of 65 students enrolled in thesis-related subjects. The research instrument included a self-efficacy scale based on the General Self-Efficacy Scale (GSES) developed by Schwarzer and Jerusalem with 10 questions and a reliability coefficient of 0,948, as well as an anxiety scale to face the thesis exam with 32 items and a reliability coefficient of 0,952. In this study, data analysis was performed using the product moment correlation technique and the Windows application SPSS 26.0. A significance value of 0.000 and a correlation coefficient of -0.818 indicate that there is a highly significant link in the direction of a negative relationship between self-efficacy and anxiety among students approaching thesis exams. Students with high self-efficacy will have less anxiety before to the thesis examination.

Keywords: self-efficacy, anxiety confronting thesis examination, college students

 

Published
2022-07-13
Abstract Views: 330
PDF Downloads: 714