Perancangan Ilustrasi Rumah Adat Sebagai Mainan Edukasi Anak Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Zaidan Abbad Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Ilustrasi, Mainan Edukasi, Anak-anak, Budaya, Rumah Adat Indonesia

Abstrak

Menurunnya ketertarikan siswa sekolah dasar kepada kebudayaan Indonesia dikarenakan stigma bahwa kebudayaan Indonesia ini sudah tidak bisa disesuaikan dan dibawa di tengah perkembangan zaman, anak-anak sekarang kurang berminat untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia salah satunya rumah adat. Kurang menariknya pembelajaran yang dibawakan oleh guru menyebabkan siswa merasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Perancangan ini dilakukan di Surabaya dan pengumpulan data juga dilakukan di Surabaya, proses wawancara akan dilakukan juga dengan salah satu pengajar di SD Muhammadiyah 22 Surabaya, mengamati siswa SD Muhammadiyah 22 Surabaya seperti mengamati proses dalam belajar, mewarnai, kebiasaan atau kecenderungan dalam memilih warna, dan lain sebagainya. Hasil dari perancangan ilustrasi rumah adat sebagai mainan edukasi anak sekolah dasar yaitu mainan edukasi berbentuk puzzle kubus berbahas dasar kayu, dan beberapa media pendukung, ilustrasi rumah adat dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Mereka bisa bermain peran, membangun cerita, dan mengembangkan skenario permainan yang melibatkan rumah adat sebagai latar belakang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Abbad, M. Z., & Martadi. (2024). Perancangan Ilustrasi Rumah Adat Sebagai Mainan Edukasi Anak Sekolah Dasar. Desgrafia, 2(2), 258–272. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/62226

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0