Perancangan Ilustrasi Rumah Adat Sebagai Mainan Edukasi Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Zaidan Abbad Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Ilustrasi, Mainan Edukasi, Anak-anak, Budaya, Rumah Adat Indonesia

Abstract

Menurunnya ketertarikan siswa sekolah dasar kepada kebudayaan Indonesia dikarenakan stigma bahwa kebudayaan Indonesia ini sudah tidak bisa disesuaikan dan dibawa di tengah perkembangan zaman, anak-anak sekarang kurang berminat untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia salah satunya rumah adat. Kurang menariknya pembelajaran yang dibawakan oleh guru menyebabkan siswa merasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Perancangan ini dilakukan di Surabaya dan pengumpulan data juga dilakukan di Surabaya, proses wawancara akan dilakukan juga dengan salah satu pengajar di SD Muhammadiyah 22 Surabaya, mengamati siswa SD Muhammadiyah 22 Surabaya seperti mengamati proses dalam belajar, mewarnai, kebiasaan atau kecenderungan dalam memilih warna, dan lain sebagainya. Hasil dari perancangan ilustrasi rumah adat sebagai mainan edukasi anak sekolah dasar yaitu mainan edukasi berbentuk puzzle kubus berbahas dasar kayu, dan beberapa media pendukung, ilustrasi rumah adat dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Mereka bisa bermain peran, membangun cerita, dan mengembangkan skenario permainan yang melibatkan rumah adat sebagai latar belakang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Abbad, M. Z., & Martadi. (2024). Perancangan Ilustrasi Rumah Adat Sebagai Mainan Edukasi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Desgrafia, 2(2), 258–272. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/62226
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0