RELASI MAKNA UNSUR BUSHU 「女」 DENGAN KANJI PADA NOVEL ERO MANGA SENSEIKARYA FUSHIMI TSUKASA

  • CHEBBYAN R A

Abstract

Abstrak
Kanji merupakan salah satu jenis huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang. Dalam kanji terdapat
bermacam-macam makna. Makna merupakan penjelasan dari suatu benda maupun kata. Penggunaan makna
dalam ilmu linguistik terbagi bermacam-macam. Salah satunya adalah makna yang menjelaskan benda atau
hal menurut kamus bahasa yang disebut makna sebenarnya atau makna kamus. Dalam penelitian ini, terdapat
3 permasalahan yang diteliti. Permasalahan pertama adalah yaitu bentuk kanji yang memiliki bushu 「女」 .
Permasalahan kedua adalah makna keseluruhan seluruh kanji yang memiliki bushu 「女」 . Permasalahan
ketiga adalah hubungan makna kanji yang menggunakan bushu 「女」 .
Rumusan masalah pertama dianalisis dengan menggunakan teori mengenai bushu dari Takagi. Rumusan
masalah kedua dianalisis dengan menggunakan terori mengenai makna dari Verhaar dan Abdul Chaer.
Rumusan masalah ketiga dianalisis dengan menggunakan teori mengenai relasi makna dari Abdul Chaer.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 3 volume novel
Ero Manga Sensei. Hasil penelitian yang telah dilakukan akan dijelaskan sebagai berikut.
Bentuk kanji yang memiliki bushu 「女」 terdapat 2 jenis yaitu 「偏」 hen dan 「脚」 ashi. Kanji yang
memiliki bushu 「女」 memiliki arti dari kegiatan yang dilakukan perempuan pada zaman dahulu. Hubungan
yang terdapat pada kanji yang memiliki bushu 「女」 ada 2 jenis yaitu hubungan polisemi dan hiponimi.
Kata Kunci: kanji, makna, relasi makna
要旨
漢字は日本語に一つの字として使われている。漢字には様々な意味がある。意味は物や文などの解説の
ことである。言語学で様々な分類が意味を活用する。一つは真の意味か辞書の意味という言語辞書によって
物や事など説明する。本研究で三つの問題がある。一番目は女の部首に関する漢字の形。二番目は女の部首
に関する漢字の全体意味。三番目は女の部首に関する漢字の意味関係。
一番目の問題を解答するために、高木 の部首について理論を使用する。二番目の問題を解答するため
に Verhaar と Abdul Chaer の意味について理論を使用する。 三番目の問題を解答するために、 Abdul Chaer
の意味関係について理論を使用する。本研究は定性的で記述的という研究方法を使用する。本研究の源デー
タは三巻のエロ漫画先生という小説。ご節に本研究の結果は説明する。
女の部首に関する漢字の形は2種類あり、偏と脚。女の部首に用いる漢字の意味は昔女の人がすること

Published
2018-03-23
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 681