SHUUJOSHI NE DALAM SERIAL DRAMA KAZOKU GAME KARYA SATOU YUUICHI
Abstract
AbstrakShuujoshi ne merupakan joshi yang memiliki posisi di akhir kalimat atau pada akhir bagian-bagian kalimat
yang digunakan untuk menyatakan perasaan. Seperti sifat yang dimiliki oleh shuujoshi yang lain, maka shuujoshi ne
juga membutuhkan kelas kata lain agar memiliki makna. Penggunaanya yang luas membuat shuujoshi ne memiliki
beberapa fungsi yang berbeda sesuai dengan konteks.
Ada dua permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu bagaimana kelas kata yang diikuti oleh shuujoshi ne dan
bagaimana fungsi penggunaan shuujoshi ne dalam serial drama Kazoku Game. . Dalam menjawab rumusan masalah
pertama digunakan teori dari Ahmad Dahidi dan Sudjianto dan teori dari Naoko Chino, Sudjianto, dan Sugihartono
untuk menjawab rumusan masalah kedua.Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang
digunakan adalah serial drama Kazoku Game karya Satou Yuuichi dengan data tuturan yang mengandung shuujoshi ne.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut, hasil dari rumusan masalah yang pertama ditemukan bahwa
shuujoushi ne dalam serial drama Kazoku Game mengikuti doushi, i-keiyoushi, meishi, setsuzokushi, joshi, dan
jodoushi. Untuk rumusan masalah kedua, fungsi penggunaan shuujoshi ne dalam serial drama Kazoku Game ditemukan
denga hasil fungsi menunjukkan perasaan penutur, memperhalus permintaan, ajakan dan perintah, memberikan
pertanyaan untuk mendapatkan kepastian, fungsi menunjukkan tuntutan ringan atau pendapat, fungsi menunjukkan
penegasan.
Kata Kunci: shuujoshi, shuujoshi ne
Abstract
Shuujoshi ne is joshi or particle at the end of sentence or at the end of sentence commponent used to
express feeling. Like others shuujoshi,, shuujoshi ne need other word class as well to get meaning. Due to
various utilization, shuujoshi ne have various functions depend on the context of the conversation.
This research have 2 problems, how word class followed by shuujoshi ne, and how the function of
shuujoshi ne in the drama Kazoku Game. In order to answer the first problem, this research used theory
from Ahmad Dahidi and Sudjianto and theory from Naoko Chino, Sudjianto and Suhartono to answer the
second problem. This research use Descriptive qualitative with the drama Kazoku Game by Satou Yuuichi
as source with any conversation that contain shuuoshi ne as data. The results fom this research found that
shuujoshi ne in the drama Kazoku Game follow doushi, i-keiyoushi, meishi, setsuzokushi, joshi and
jodoushi. And the second problem found that the function of shuujoshi ne in the drama Kazoku Game is
expressing speaker feeling, to refined request, invitation and order, to give question in order to get
explanation, to expressing light words or opinion and to expressing affirmation.
Keywords: shuujoshi, shuujoshi ne
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-07-24
Issue
Section
Articles

