FUNGSI SINTAKSIS DARI KIGO (季語) DALAM OGURA HYAKUNIN ISSHU(小倉百人一首)

  • KARTIKA NANDA RIZKIYA SUSANTO

Abstract

Abstrak

Hyakunin Isshu adalah kumpulan 100 puisi dari 100 penulis di Jepang yang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh puisi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah penggunaan kigo. Kigo adalah kata, atau frasa yang berhubungan dengan musim. Penggunaan kigo dalam puisi juga menempati kedudukan fungsi sintaksis yang ada dalam sebuah susunan kalimat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan kigo dalam Hyakunin Isshu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Ogura Hyakunin Isshu yang terdapat pada buku Anno Hideko(あんの秀子) yang berjudul 漫画でわかる百人一首(Manga de Wakaru Hyakunin Isshu , 2010).

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kigo - kigo dalam Hyakunin Isshu menduduki 3 fungsi sintaksis yaitu subjek, predikat, dan keterangan. Dari ketiga fungsi tersebut kigo – kigo dalam Hyakunin Isshu lebih sering menduduki kedudukan sebagai taishougo atau objek. Hal ini dikarenakan sebagian besar kigo yang terdapat di Hyakunin Isshu merupakan kata benda atau frasa benda atau meishi.

Kata Kunci: Kigo, Hyakunin Isshu, Fungsi Sintaksis

Abstract

Hyakunin Isshu is a collection of 100 poems from 100 writers in Japan that have characteristics that are not possessed by poetry in Indonesia. One of them is the use of kigo. Kigo is a word, or phrase related to the season. The use of kigo in poetry also occupies the position of the syntactic function in a sentence.

The purpose of this research is to determine the position of kigo in Hyakunin Isshu. This research use desciptive qualitative approach. The source of the data in this research is the Ogura Hyakunin Isshu which is found in the Anno Hideko book entitled 漫画 で わ か 人 一 首 (Manga de Wakaru Hyakunin Isshu, 2010).

The results of the research that have been carried out show that kigo in Hyakunin Isshu occupies 3 syntactic functions namely subject, object, and explanation. Of these three functions, kigo in Hyakunin Isshu is more often occupied as taishougo or object. This is because most of the kigo found in Hyakunin Isshu are nouns or meishi and phrases of objects.

Keywords: Kigo, Hyakunin Isshu, Syntactic Function

Published
2018-09-20
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 291