Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat Bahasa Jepang Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018

  • YULIANA EKA DARMAYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajar bahasa Jepang yang sering melakukan kesalahan dalam membuat kalimat bahasa Jepang. Berdasarkan hasil angket dan wawancara pra-penelitian kepada siswa dan guru SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, kesulitan yang sering dialami siswa dalam proses pembelajaran bahasa Jepang adalah kesulitan untuk menghafal huruf, kosakata, dan pola kalimat. Selain itu, dari hasil angket tersebut juga diketahui banyak siswa yang sering melakukan kesalahan dalam menulis kalimat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan dalam penulisan kalimat bahasa Jepang siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto tahun ajaran 2017/2018 dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan dalam menulis kalimat bahasa Jepang pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis merupakan hasil tes dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa, bentuk Kesalahan dalam penulisan kalimat bahasa Jepang yang dilakukan oleh siswa yaitu berupa kesalahan struktur pola kalimat sebanyak 143 kesalahan, kesalahan perubahan bentuk kata kerja sebanyak 194 kesalahan dan kesalahan perubahan kata sifat sebanyak 36 kesalahan. Serta, kesalahan penggunaan partikel sebanyak 64 kesalahan. Selanjutnya, Faktor penyebab terjadinya kesalahan, yaitu, Transfer of training (kesalahan prosedur pengajaran) yaitu siswa kesulitan menerima penjelasan dari guru mengenai pola kalimat.Kurang belajar dan berlatih dalam membuat kalimat bahasa Jepang, interferensi bahasa ibu atau terpengaruh bahasa pertama yaitu bahasa Indonesia, kurangnya pengetahuan kosakata, kurangnya pemahaman akan fungsi dan penggunaan partikel, serta huruf hiragana dan katakana, serta pola kalimat bahasa Jepang yang banyak dan rumit.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Pola Kalimat, Perubahan Bentuk Kata Kerja, Perubahan Bentuk Kata Sifat, Partikel, Faktor Penyebab Kesalahan

Abstract

This research is motivated by Japanese learners who often make mistakes in making Japanese sentences. Based on the results of the questionnaire and pre-research interviews with students and teachers of Puri Mojokerto 1 state senior high school, the difficulties students often experience in learning process of Japanese are they often have difficulties in memorizing letters, vocabulary, and sentence patterns. In addition, from the results of the questionnaire it was also known that many students often make mistakes in writing sentences.

The purpose of this study was to describe the form of writing errors in Japanese sentences in students XII IPS of Puri Mojokerto 1 state senior high school in 2017/2018 school year and describe the factors that caused writing errors in Japanese sentences in students XII IPS of Puri Mojokerto 1 state senior high school in 2017/2018 school year.

This study uses a qualitative descriptive research method. The data analyzed are the results of tests and questionnaires. Based on the results of the analysis, it can be seen that: form of writing errors in Japanese sentences made by students, that is in the form of a sentence pattern structure error of 143 forms of errors, changes in errors verb form as many as 194 forms of errors and 36 form of errors in change of adjective, and there were 64 forms of errors using particles. The factors causing the error are, transfer of training (error teaching procedures), namely students difficulty receiving teacher explanations about sentence patterns, less learning and practice in making Japanese sentences, mother tongue interference or language influence first (Indonesian), lack of vocabulary knowledge, lack of understanding will function and use particles, and hiragana and katakana letters and sentence pattern Japanese is a lot and complicated.

Keywords: Error Analysis, Sentence Pattern, Change of Verb, Change of Adjective, Particles, Factors Causing Errors


Published
2018-12-26
Abstract Views: 397
PDF Downloads: 753