IKON METAFORA UNSUR BUNGA DALAM NOVEL GISELLE (ジゼル) KARYA AKIYOSHI RIKAKO

  • NURUL LAILA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap novel Giselle (ジゼル) karya Akiyoshi Rikako. Peneliti juga tertarik untuk mencari ikon metafora dari unsur bunga yang muncul di dalam novel Giselle (ジゼル) karya Akiyoshi Rikako. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori trikotomi tanda Pierce. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah:

1. Hubungan kemiripan antara representamen (tanda) dan objek (acuan) dari ikon metafora unsur bunga dalam novel Giselle (ジゼル) karya Akiyoshi Rikako.

2. Acuan ikon metafora bunga yang sering muncul dalam novel Giselle (ジゼル) karya Akiyoshi Rikako.

Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kemiripan ikon metafora unsur bunga dan mendeskripsikan acuan dari ikon metafora bunga yang sering muncul dalam novel Giselle (ジゼル) karya Akiyoshi Rikako. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Unsur bunga yang mengandung ikon metafora dalam novel Giselle (ジゼル) karya Akiyoshi Rikako adalah bunga rosemary, bunga anyelir, dan bunga lili, dengan total data sebanyak 26 data. Dari data tersebut, terdapat 5 jenis hubungan kemiripan yang muncul, diantaranya ialah kemiripan berdasarkan sifat & karakteristik, kemiripan sebab akibat, kemiripan bentuk, kemiripan fungsi, dan kemiripan maksud & tujuan.

Dari 5 jenis hubungan kemiripan yang muncul, terdapat 6 jenis acuan berbeda di tiap hubungan kemiripan pada 23 data ikon metafora bunga rosemary, yaitu acuan berupa sesuatu yang berbau harum, kemampuan mengingat, imajinasi latar, tongkat sihir, kekuatan tongkat sihir, dan kenangan. Masing-masing acuan yang berbeda tersebut memiliki ciri khas dari ikon metafora.

Ciri karakteristik ikon metafora adalah tidak adanya kemiripan pada tanda dan objeknya, namun keduanya mengacu pada tanda yang sama. Contoh data ikon metafora pada bunga rosemary yang mengacu pada kekuatan tongkat sihir Myrtha. Antara ikon metafora bunga rosemary dan kekuatan tongkat sihir Myrtha mengandung makna yang sama yaitu kenanglah.

Kata Kunci : Semiotik, Trikotomi Tanda Pierce, Ikon, Ikon Metafora, Giselle

Published
2020-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 137
PDF Downloads: 142