PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) BERBASIS RPG MAKER MV UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

  • LAKSAMANA MUHAMMAD ANWAR YUVITO

Abstract

Media merupakan suatu sarana untuk menyampaikan suatu informasi. Manfaat media pun beragam, pertama media akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, berikutnya media juga membuat suatu bahan pelajaran lebih mudah untuk dipahami dan meningkatkan tingkat penguasaan siswa, selain itu media dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran sehingga siswa tidak mudah bosan. Salah satu media media untuk pembelajaran adalah media digital. Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan aplikasi komputer atau dapat disebut dengan istilah CAI (Computer Assisted instruction). Oleh karena latar belakang tersebut maka penelitian pengembangan media CAI berbasis RPG Maker untuk pembelajaran kosakata dan tata bahasa dalam buku Nihongo Kira-Kira 1 bab 9-12 yang bertujuan mengetahui kelayakan media dan respon pengguna terhadap media tersebut.

Computer Assisted Instruction (CAI) adalah suatu pembelajaran yang menggunakan Komputer dalam menyampaikan materi ajar dan siswa dapat melakukan aktifitasnya secara langsung dengan berinteraksi melalui Komputer. Sedangkan Role-playing Game (RPG) adalah sebutan untuk sebuah permainan dimana setiap pemain berperan sebagai suatu karakter, yang biasanya berlatar belakang fantasi atau fiksi sehingga pemain merasa masuk dalam sebuah dunia imajinasi.

Pengembangan media CAI berbasis RPG Maker untuk pembelajaran kosakata dan tata bahasa dalam buku Nihongo Kira-Kira 1 bab 9-12 ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE atau kepanjangan dari Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), Evaluate (Evaluasi) yang menggunakan data kualitatif yang akan dianalisis secara non-statistik dan kuantitatif yang akan dianalisis secara statistik. Untuk mendapatkan data kualitatif maupun kuantitatif, peneliti menggunakan lembar validasi dan angket yang akan disebarkan secara daring.

Penelitian pengembangan ini menggunakan subjek penelitian siswa SMA yang belajar bahasa Jepang. sampel berjumlah 18 orang. Pengambilan data penelitian ini menggunakan sistem daring dikarenakan penelitian ini dilakukan ditengan pandemic COVID-19. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Media CAI berbasis RPG Maker yang mendapatkan penilaian dari validator media dengan presentase 75,7% dan dianggap baik atau layak sebagai media. Serta mendapakan respon positif dari pengguna dengan total skor 694 dengan presentase 77,1% dan dikategorikan sebagai respon baik. Dengan hasil tersebut media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan media, CAI, RPG Maker.

Published
2020-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 0