KESALAHAN MENYIMAK DALAM PENULISAN HURUF HIRAGANA KOSAKATA FUTSUUMEISHI PADA SISWA KELAS XI SMA SEMEN GRESIK TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Abstract
This research is based on Japanese language learners who often make mistakes in listening to Hiragana
letters in Futsuumeishi vocabulary. This study uses the analysis of test questions to find out the error of
listening to the Hiragana letters of Futsuumeishi vocabulary. This aims to describe the error of listening to
the Hiragana letters of the Futsuumeishi vocabulary.To find out the listening errors, the researcher used
questionnaire data. This aims to describe the factors that cause errors in listening to Hiragana letters in
Futsuumeishi vocabulary. From the results of the analysis of the language sound error test questions that
often occur are sound errors consisting of long vowel sounds (chouon) as many as 24 errors, double
consonant sound errors (sokuon) as many as 20 errors, and vowel consonant sounds + vowel consonant
sound errors (youon) as many as 13 errors. The factors that cause listening errors are external factors,
namely material factors that have not been understood by students, internal factors, namely hearing
problems, interest in learning from the students themselves, or thinking too fast, experiential factors where
students are not used to learning activities by listening which can cause the information conveyed in a
Japanese vocabulary not to be conveyed correctly, and the physical environment factor, namely a crowded
classroom, is an important factor in motivating Japanese language learning so that students will find it
difficult to do listening activities.
Keywords: Futsuumeishi Vocabulary Hiragana Letters, Factors Causing Errors, Listening Error
Abstrak
Penelitian ini di latarbelakangi oleh pembelajar bahasa Jepang yang sering melakukan kesalahan dalam menyimak huruf hiragana kosakata Futsuumeishi. Penelitian ini menggunakan analisis soal tes untuk mengetahui kesalahan menyimak huruf hiragana kosakata Futsuumeishi. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan menyimak huruf hiragana kosakata Futsuumeishi.Untuk mengetahui kesalahan menyimak, peneliti menggunakan data angket. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor faktor yang menyebabkan kesalahan menyimak huruf hiragana kosakata Futsuumeishi. Dari hasil analisis soal tes kesalahan bunyi bahasa yang sering terjadi adalah kesalahan bunyi yang terdiri dari bunyi vokal panjang (chouon) sebanyak 24 kesalahan, kesalahan bunyi konsonan rangkap (sokuon) sebanyak 20 kesalahan, dan kesalahan bunyi konsonan vokal + vokal (youon) sebanyak 13 kesalahan. Faktor penyebab terjadinya kesalahan menyimak adalah faktor eksternal yaitu faktor materi yang belum dipahami oleh siswa, faktor internal yaitu masalah pendengaran, minat belajar dari siswa itu sendiri, atau berpikir terlalu cepat, faktor pengalaman dimana siswa belum terbiasa dalam kegiatan belajar dengan cara menyimak yang dapat menyebabkan informasi yang disampaikan dalam sebuah kosakata berbahasa Jepang tidak tersampaikan dengan benar, dan faktor lingkungan fisik yaitu ruangan kelas yang ramai merupakan faktor penting dalam memotivasi pembelajaran bahasa Jepang sehingga siswa akan sulit untuk melakukan kegiatan menyimak.
Kata Kunci: Kosakata Futsuumeishi Huruf Hiragana, Faktor Penyebab Kesalahan, Kesalahan Menyimak.