PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KATAUNO UNTUK LATIHAN MEMBACA HURUF KATAKANA
Abstract
Abstrak
Salah satu tantangan yang harus dihadapi pelajar bahasa Jepang pemula adalah huruf katakana. Diperlukan latihan berulang-ulang untuk berlatih membaca huruf katakana. Salah satu alat bantu latihan membaca yang tidak mudah membuat pelajar jenuh adalah media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan serta kelayakan media pembelajaran katauno yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang untuk berlatih membaca huruf katakana. Selain itu penelitian ini memiliki tujuan lain yakni mengetahui seperti apa respon yang diberikan siswa SMKN 3 Surabaya terkait media pembelajaran katauno.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang dikembangkan oleh Sugiyono. Langkah-langkah penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah dimulai dari 1) analisis masalah dan potensi; 2)pengumpulan data; 3) pembuatan desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; dan 7) revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian untuk validasi dan angket untuk mengetahui respon pengguna. Dalam penelitian ini kelayakan produk ditentukan berdasarkan validasi produk yang dilakukan oleh dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang dan respon yang diberikan oleh siswa SMKN 3 Surabaya.
Berdasarkan hasil validasi produk yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh persentase skor masing-masing adalah 74,73% dan 80%. Dari kedua nilai tersebut katauno termasuk dalam kriteria “baik”. Status kelayakan yang diberikan oleh penguji adalah produk ini layak untuk digunakan dengan sedikit perbaikan. Setelah dilakukan perbaikan produk dikenalkan kepada siswa SMKN 3 Surabaya untuk dilakukan uji coba. Persentase skor yang diperoleh 91,66% . Dengan persentase tersebut respon yang diberikan siswa terhadap katauno termasuk dalam kriteria “sangat baik”.
Kata Kunci: media pembelajaran, bahasa Jepang, katakana, kartu huruf Jepang.
Abstract
One of the challenges faced by beginner learners of Japanese is the mastery of katakana characters. Repeated practice is essential for improving reading skills in katakana. However, to prevent boredom among learners, engaging learning media is needed. This study aims to investigate the development and feasibility of the "katauno" learning media used in Japanese language learning to practice reading katakana characters. Additionally, the study seeks to understand the responses of students from SMKN 3 Surabaya regarding the Katauno learning media.
The research method employed in this study is Research and Development (R&D) as developed by Sugiyono. The steps undertaken in this study include: (1) problem and potential analysis; (2) data collection; (3) product design creation; (4) product validation; (5) design revision; (6) product trials; and (7) product revision. The research instruments used are assessment sheets for validation and questionnaires to evaluate user responses. Product feasibility was determined based on validation by Japanese language education experts and responses from SMKN 3 Surabaya students.
The results of the product validation conducted by media and material experts yielded scores of 74.73% and 80%, respectively. Based on these scores, Katauno falls into the "good" category. The feasibility status assigned by the evaluators indicates that the product is suitable for use with minor revisions. After making the necessary revisions, the product was introduced to students at SMKN 3 Surabaya for trials, achieving a score percentage of 91.66%. This percentage indicates that the students' responses to Katauno fall into the "very good" category.
Keywords: learning media, Japanese language, Katakana, Japanese character cards.
要旨
初心者の日本語学習者が直面する課題の一つはカタカナ文字である。カタカナの読み練習には繰り返しの訓練が必要であり、学習者が飽きにくい学習媒体の活用が求められている。本研究は、カタカナ文字の読み練習に用いられる日本語学習用媒体「katauno」の開発とその適用性を明らかにすることを目的としている。また、SMKN 3 スラバヤの生徒から「katauno」に対する反応を把握することも目的としている。
本研究では、スギヨノによって開発されたリサーチ&ディベロップメント(R&D)手法を採用した。研究の手順は以下の通りである:1)問題と可能性の分析、2)データ収集、3)製品設計の作成、4)製品の検証、5)設計の改訂、6)製品の試用、7)製品の改訂。研究のためのツールとしては、検証用評価シートとユーザーの反応を把握するためのアンケートが使用された。本研究では、製品の適用性は日本語教育学科の講師による製品検証およびSMKN 3 スラバヤの生徒からの反応に基づいて評価された。
学習媒体の専門家と教材の専門家による製品検証の結果、それぞれのスコアの割合は74.73%および80%であり、「良好」という評価基準に該当する。検証者は、この製品を少しの改良で使用可能であると判断した。改良後、製品はSMKN 3 スラバヤの生徒に紹介され、試用が行われた。試用の結果、スコアは91.66%であり、生徒の反応は「非常に良好」という評価基準に該当することが示された。
キーワード: 学習媒体、日本語、カタカナ、日本語の文字カード
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 98
,
PDF Downloads: 73
