AIZUCHI DALAM DRAMA "NIHONJIN NO SHIRANAI NIHONGO" KARYA SAIJI YAKUMO
Abstract
Aizuchi adalah respon singkat verbal maupun nonverbal berupa elemen penting dalam komunikasi untuk menunjukkan pemahaman dan keterlibatan percakapan. Penelitian ini membahas penggunaan aizuchi pada percakapan pelajar asing yang belajar bahasa Jepang dengan analisis dialog dalam drama "Nihonjin no Shiranai Nihongo". Penggunaan aizuchi para pelajar asing tidak sepenuhnya sesuai dengan aturan, melainkan mencerminkan tahap pembelajaran bahasa yang sedang dialami.
Tujuan penelitian ini mengklasifikasikan dan menganalisis fungsi dan kesantunan dalam penggunaan aizuchi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, mengunpulkan data dengan menonton dan mencatat aizuchi yang muncul, kemudian dianalisis berdasarkan teori Horiguchi (1997:52) untuk analisis fungsi aizuchi serta Brown dan Levinson (1987) untuk analisis kesantunan.
Hasil penelitian menunjukkan frekuensi yang paling sering digunakan adalah persetujuan dan penolakan. Mendengar dan memahami menjadi fungsi dengan kemunculan jumlah yang setara, sedangkan ungkapan ekspresi menjadi paling jarang digunakan. Dalam kesantunan, penggunaan bahasa informal lebih banyak digunakan sesama pelajar atau guru yang berusia lebih muda. Penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pola penggunaan aizuchi dalam percakapan serta menjadi referensi bagi pembelajaran bahasa Jepang, khususnya dalam keterampilan berbicara dan mendengarkan.
Kata kunci : Aizuchi, kesantunan, Nihonjin no Shiranai Nihongo, Horiguchi, Brown & Levinson
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 68
,
PDF Downloads: 73
