AKURASI PERBANDINGAN SOLUSI CENTROID MOMENT TENSOR (CMT) GEMPA BUMI SECARA REAL-TIME DAN OTOMATIS DI WILAYAH SUMATRA MENGGUNAKAN METODE GISOLA PADA SOFTWARE JOKOTINGKIR

Kata Kunci: centroid moment tensor, real-time, Gisola, FDSNWS, JokoTingkir

  • Elvira Silvia Tsani Universitas Negeri Surabaya
  • Madlazim Madlazim Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Nurul Fahmi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 Gempa Bumi merupakan bencana kebumian yang sering terjadi di wilayah Sumatra, Indonesia, sehingga memerlukan pemantauan dan analisis yang cepat dan akurat untuk mitigasi resiko bencana terutama dalam menentukan CMT gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dan cara merevisi hasil penentuan CMT secara real-time dan otomatis pada event gempa bumi di wilayah Sumatra menggunakan metode Gisola pada software JokoTingkir. Salah satu software geofisika yang dapat digunakan secara real-time otomatis dan manual adalah software Gisola yang juga di implementasikan pada software JokoTingkir. Penentuan CMT gempa bumi ini disesuaikan dengan kondisi geologi di Indonesia dan sekitarnya dengan cara menginput model kecepatan yang cocok di wilayah Indonesia dan  memfilter frekuensi waveform guna mengurangi banyaknya noise dalam gelombang seismik. Selain itu menggunakan rekaman data seismogram dari stasiun seismik. Software JokoTingkir menghasilkan solusi CMT secara real-time dan otomatis, dimana data yang direkam merupakan data seismik atau data waveform dengan cakupan secara regional dengan magnitude mulai 5-8 yang terdeteksi oleh Federasi Internasional Layanan Web Jaringan Seismograf Digital (FDSNWS) dan waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengolah kurang lebih 15 menit pada jarak 500 km sampai dengan 1000 km. Kemudian parameter gempa tersebut secara otomatis dipublikasikan di web sesuai dengan kualitas gempa bumi. Hasil penelitian ini diperoleh R squared untuk tiap parameter strike, dip dan rake Nilai parameter dari JokoTingkir itu hampir mendekati nilai dari GCMT. Sehingga nilai r squared yang dihasilkan oleh parameter strike, dip, dan rake itu diatas 80% atau 0,8. Hal ini menyatakan bahwa penggunaan metode Gisola pada software JokoTingkir bisa dikatakan valid atau reliable.

Kata Kunci: centroid moment tensor, real-time, Gisola, FDSNWS, JokoTingkir

Abstract

Earthquakes are a natural disaster that often occurs in the Sumatra region, Indonesia, so they require fast and accurate monitoring and analysis to mitigate disaster risks, especially in determining the CMT of earthquakes. The purpose of this research is to find out the comparison and how to revise the results of determining CMT real-time and auto on event earthquakes in the Sumatra region using the Gisola method on software JokoTingkir. One of software usable geophysics real-time automatic and manual is software Gisola which is also implemented in software JokoTingkir. The CMT determination for this earthquake is adjusted to the geological conditions in Indonesia and its surroundings by inputting a suitable velocity model in the Indonesian region and filtering the frequency waveform to reduce the number noise in seismic waves. In addition, it uses recorded seismogram data from seismic stations. Software JokoTingkir produces CMT solutions for free real-time and automatic, where the recorded data is seismic data or data waveform with regional coverage with magnitudes ranging from 5-8 detected by the International Federation of Digital Seismograph Network Web Services (FDSNWS) and the travel time required to process approximately 15 minutes at a distance of 500 km to 1000 km. Then the earthquake parameters are automatically published on the web according to the quality of the earthquake. The results of this study were obtained by R squared for each parameter strike, dip and rake. The parameter value from Joko Tingkir is almost close to the value from GCMT. So value r squared generated by the parameters strike, dip, and rake it is above 80% or 0.8. This states that the use of the Gisola method on software JokoTingkir can be said to be valid or reliable.

Keywords: centroid moment tensor, real-time, Gisola, FDSNWS, JokoTingkir

Published
2023-10-18
Section
Fisika Kebumian
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 46