PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • MUFTI IKMAL FARDIDIN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan kolaborasi metode think-pair square dan cooperative two-stage exam, mendeskripsikan higher-order thinking skills siswa, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design dan replikasi digunakan dalam penelitian ini. Tes, observasi, dan angket digunakan dalam pengempulan data. Subyek penelitian adalah siswa di tiga kelas XII MIA di SMAN 2 Lamongan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 76%, pada kelas replikasi 1 sebesar 89% dan pada kelas replikasi 2 sebesar 79,44%. (2) Peningkatan higher-order thinking skills siswa pada kelas eksperimen dengan nilai gain <g> 0,23 dalam kategori rendah, pada kelas replikasi 1 sebesar 0,38 dalam kategori sedang, dan pada kelas replikasi 2 dengan nilai gain <g> sebesar 0,36 dalam kategori sedang. (3) Respon positif didapatkan pada proses pembelajaran dengan persentase rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 79%, pada kelas replikasi 1 sebesar 76% dan pada kelas replikasi 2 sebesar 78%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan kolaborasi metode think-pair square dan cooperative two-stage exam dapat meningkatkan higher-order thinking skills siswa.

Kata Kunci: higher-order thinking skills, think-pair square, cooperative two-stage exam

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

24-07-2016

How to Cite

IKMAL FARDIDIN, M. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/16166
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 54