PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan kolaborasi metode think-pair square dan cooperative two-stage exam, mendeskripsikan higher-order thinking skills siswa, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design dan replikasi digunakan dalam penelitian ini. Tes, observasi, dan angket digunakan dalam pengempulan data. Subyek penelitian adalah siswa di tiga kelas XII MIA di SMAN 2 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 76%, pada kelas replikasi 1 sebesar 89% dan pada kelas replikasi 2 sebesar 79,44%. (2) Peningkatan higher-order thinking skills siswa pada kelas eksperimen dengan nilai gain <g> 0,23 dalam kategori rendah, pada kelas replikasi 1 sebesar 0,38 dalam kategori sedang, dan pada kelas replikasi 2 dengan nilai gain <g> sebesar 0,36 dalam kategori sedang. (3) Respon positif didapatkan pada proses pembelajaran dengan persentase rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 79%, pada kelas replikasi 1 sebesar 76% dan pada kelas replikasi 2 sebesar 78%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan kolaborasi metode think-pair square dan cooperative two-stage exam dapat meningkatkan higher-order thinking skills siswa.
Kata Kunci: higher-order thinking skills, think-pair square, cooperative two-stage exam
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

