Authors

  • ANIYATIN MUFAROKHAH

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Gerak Harmonik Kelas X di SMAN 1 Babat-Lamongan ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing dan (2) untuk mendeskripsikan keterampilan proses setelah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi gerak harmonik kelas X di  SMAN 1 Babat-Lamongan. Jenis penelitian ini adalah Pre eksperimental dengan desain One Shot Case Study. Penelitan ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMAN 1 Babat-Lamongan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA 1, X-MIA 2, dan X-MIA 4 di SMAN 1 Babat-Lamongan. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas replikasi yakni kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen, dan X-MIA 2 serta X-MIA 4 sebagai kelas replikasi. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, variabel respon yaitu hasil keterampilan proses sains siswa, dan variabel kontrol yaitu alokasi waktu pembelajaran, perangkat pembelajaran yang digunakan, dan materi yang diajarkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis butir soal, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis pencapaian keterampilan proses sains siswa, dan analisis hasil tes keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi gerak harmonik kelas X-MIA 1, X-MIA 2, dan X-MIA 4 di  SMAN 1 Babat- Lamongan  terlaksana dengan sangat baik. (2) keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi gerak harmonik kelas X di  SMAN 1 Babat-Lamongan bahwa siswa memiliki keterampilan proses sains yang baik terbukti dengan hasil tes keterampilan proses sains diperoleh nilai tes klasikal siswa kelas X-MIA 1 tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 85%, siswa kelas X-MIA 2 tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 77%, dan X-MIA 4 tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 91%.

Kata kunci : Model pembelajran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, gerak harmonik

Abstract

The study, the application of guide inquiry  learning model to training the  students s science process skill on learning  class x harmonic motion in SMAN 1  Babat-Lamongan aims: (1) to describe wisdom  learning guided inquiry and (2) to training  science process skills after on applied guide inquiry  learning model the material motion harmonic class X at SMAN 1 Babat Lamongan. This type of research is pre experimental design One Shot Case Study. This research carried out in the second semester of the academic year 2016/2017 in SMAN 1 Tripe-Lamongan. The research subject is MIA class X-1, X-MIA 2, and X-MIA 4 in SMAN 1 Babat-Lamongan. This research uses experimental class and class replication of the X-MIA 1 as the experimental class, and X-2 and X-MIA MIA 4 as class replication. The variables of this study include the independent variable is the application of guided inquiry learning model, the response variable is the result of students science process skills, and a control variable, namely the allocation of instructional time, learning devices are used, and the material being taught. Methods of data collection in this study is the method of observation and testing methods. Data analysis techniques used in this study is an analysis of items, learning keterlaksanaan analysis, analysis of student achievement of science process skills, and analysis of results of students science process skills test. The results showed that: (1) guided inquiry learning in class harmonic motion of matterMIA X-1, X-MIA 2, and X-MIA 4 in SMAN 1 Babat- Lamongan  performing very well. (2) The science process skills of students after the guided inquiry learning model is applied to the material harmonic motionClass X at SMAN 1 Tripe-Lamongan that students have a good science process skills proven by science process skills test results obtained by the test scores classical class X-MIA 1 finished with a percentage of 85% completeness, class X-MIA 2 complete with a percentage of 77% completeness, and X-MIA 4 complete with a percentage of 91% completeness.         

Keywords : Guided inquiry, science process skills, harmonic motion.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-06-2017

How to Cite

MUFAROKHAH, A. (2017). IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/19985
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 30