PENERAPAN SELF ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

  • ALFIAN VIDIANINGRUM

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan self assessment dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian ini pre experimental dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Sasaran penelitian ini adalah penerapan self assessment dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Driyorejo kelas XI. Penelitian ini menggunakan 1 kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 4 dan 2 kelas replikasi yaitu kelas XI MIA 5 dan XI MIA 6. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan self assessment dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik untuk ketiga kelas terlaksana dalam kategori sangat baik. 2) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata peningkatan kelas XI MIA 4 sebesar 19,03%, kelas XI MIA 5 sebesar 16,43%, dan kelas XI MIA 6 sebesar 15,38%. 3) Pemahaman konsep siswa dianalisis dengan uji-t berpasangan dan n-gain. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan diketahui bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas replikasi. Analisis n gain menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa dalam kategori sedang. Respon siswa terhadap penerapan self assessment dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik berkategori baik dengan persentase 74% hingga 79%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan self assessment dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi fluida dinamis.

Kata Kunci: Self assessment, pendekatan saintifik, motivasi belajar, pemahaman konsep, respon siswa, fluida dinamis.

 

Abstract

This study aim to describe the results of application self assessment in learning with scientific approach at fluid dinamics subject.  This type of research is pre experiment with one group pretest posttest design. The target of this research is application self assessment in learning with scientific approach at SMA Negeri 1 Driyorejo, with subject are students at class XI MIA 4 as experimental class, XI MIA 5, and XI MIA 6 as replications class. Data collection methods that use were observation, test, and questionnaire.The result showed that: 1) self assessment in learning with scientific approach have implementation that included in very good category. 2) Student learning motivation increased after self assessment applied, with average percentage of enhancement for XI MIA 4, XI MIA 5, and XI MIA 6 were 19,03%, 16,43%, and 15,38%. Student comprehension analyzed with paired t-test and n gain score. Based on paired t-test analysis, student comprehension increase significantly for experimental class and replications class and n gain score analysis showed that student comprehension increased in medium category. Student response after self assessment applied included in good category with percentage reached 74% up to 79%. Thus, it can be concluded that the application of self assessment in learning with scientific approach can improve student learning motivation and student comprehension at fluid dynamics subject.

Keywords: Self assessment, scientific approach, student learning motivation, student comprehension, student response, fluid dynamic.

Published
2017-06-22
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 92