Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Harmonik Kelas X di SMAN 1 Kejayan

  • ISMY AULINA CANDRA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatkan motivasi belajar, peningkatan hasil belajar, hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar, dan respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran learning cycle 7E pada materi gerak harmonik. Subjek penelitian ini berjumlah 99 siswa kelas X di SMAN 1 Kejayan pada ketiga kelas penelitian. Jenis penelitian ini adalah pre--experimentanal design dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Pre-test diberikan kepada siswa sebelum diberi pembelajaran model learning cycle 7E dan post-test diberikan setelah siswa diberi perlakuan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan n-gain, uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan model learning cycle 7E  berkategori sangat baik pada ketiga kelas penelitian, (2) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada ketiga kelas penelitian dengan kategori sangat baik, (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model learning cycle 7E, dengan n-gain pada ketiga kelas berkategori sangat tinggi, (4) terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran model learning cycle 7E , (5) respon siswa terhadap pembelajaran dengan model learning cycle 7E berkategori sangat baik pada ketiga kelas penelitian.

Kata Kunci : learning cycle 7E, motivasi belajar, hasil belajar, gerak harmonik.

 

Abstract

The aim of the research are to describe implementation learning process, improve motivation learning, improve learning outcome, and student responses with learning cycle 7E  harmonic motion model. Subject of this research is 99 students X grade of SMA Negeri 1 Kejayan of three classes of research. This research was conclude by pre-experimental design with research design one group pre-test post-test design. Pre-test is given to student before student are given treatment. The collected of the data is analized by using n-gain, homogeneity test, normality test, and paired t-test. The conclution of this research are (1) the fasibility of learning  cycle 7E model of three classes of research with excellent criteria, (2) There is an increase in student learning motivation in the three classes of research with excellent criteria, (3) there is an increase in student learning outcome after the application of learning with the model of learning cycle 7E and n-gain in the three classes with excellent criteria, (4) There is a positive relationship between learning motivation and student learning outcames after learning model learning cycle 7E  , (5) student responses  of learning with learning  cycle 7E model with excellent criteria in the three classes of research.  

Keywords : learning cycle 7E, learning motivation, learning outcome, harmonic motion


Published
2017-07-09
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 196