PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMK NEGERI 3 BOJONEGORO KELAS X TEKNIK PEMESINAN PADA MATERI FLUIDA STATIS

  • MAULIDA RACHMAWATI

Abstract

Literasi sains dibutuhkan siswa untuk mencapai kebermaknaan dalam kegiatan oembelajaran sehingga pembelajaran berbasis literasi sains baik untuk diterapkan, salah satunya adalah model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan keterlaksanaan, mendeskripsikan peningkatan literasi sains  siswa, dan mengetahui respons positif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi Fluida Statis di kelas X Teknik Pemesisnan SMK Negeri 3 Bojonegoro.  Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan (TPm) SMK Negeri 3 Bojonegoro pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Hasil analisisi uji normalitas dan homogenitas terhadap hasil pretest didapatkan kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dalam kategori baik, Secara umum model pembelajaran  Sains Teknologi Masyarakat berpengaruh pada peningkatan kompetensi kognitif literasi sains siswa. Rata-rata nilai yang didapatkan siswa tiap kompetensi untuk kelas X TPm 1 adalah 48,94% (kompetensi 1),  47,55%  (kompetensi 2), dan 50,30% (kompetensi 3), dan untuk kelas X TPm 2 adalah 46,62% (kompetensi 1), 58,84% (kompetensi 2), dan 47,11% (kompetensi 3). Rata-rata N-gain tiap kompetensi untuk kelas X TPm 1 adalah 0,33 untuk kompetensi 1, 0,32 untuk kompetensi 2, dan 0,28 untuk kompetensi 3, sedangkan untuk kelas X TPm 2 adalah 0,25 untuk kompetensi 1, 0,44 untuk kompetensi 2, dan 0,26 untuk kompetensi 3. Rata-rata nilai N-Gain tiap kompetensi dari kedua kelas dalam kategori sedang. Selanjutnya dilakukan  uji T-signifikansi dan didapatkan     t hitung berturut-turut 11,8 dan 4,9 dengan t tabel 2,92, karena t hitung > t tabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest. Respons positif yang diberikan oleh siswa terhadap model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam kategori baik.

Kata Kunci: Pembelajaran STM, Literasi Sains, Respon s Siswa.

 

Abstract

Literacy of science required students to achieve meaningfulness in the learning activities so that science-based literacy learning is good to be applied, one of them is Science Technology and Society learning. This study aims to describe the implementation, the Literacy of Science Students, and positive response of students after the implementation of Technology Science and Society (STS) learning model on Static Fluid material in class X Engineering Technique SMK Negeri 3 Bojonegoro. The type of this research is pre-experimental design with one group pretest-posttest design. The population of this research is students of class X Engineering Technique (TPm) SMK Negeri 3 Bojonegoro in the even semester of 2016/2017 academic year. The results of normality test analysis and homogeneity to the pretest result obtained both classes distributed normal and homogeneous. In general, the learning model of Community Technology Science has an effect on increasing the cognitive competence of students science literacy. The result of the research shows that the learning activity is good. The average score that the students get for each competence for class X TPm 1 is 48,94%(competence 1), 47,55% (competence 2), and 50,30% (competence 3), and For class X TPm 2 is 46,62% (competence 1), 58,84% (competence 2), and 47,11% (competence 3). The average N-gain of each competence for class X TPm 1 is 0.33 for competency 1, 0.32 for competency 2, and 0.28 for competency 3, while for class X TPm 2 is 0.25 for competency 1, 0.44 for competency 2, and 0.26 for competency 3. Average N-Gain score for each competence of both classes in medium category. Furthermore, T-significance test was done and got t arithmetic 11,8 and 4,9 with t table 2,92, because t arithmetic > t table hence there is significant difference between result of pretest and result of posttest.Positive responses given by students to the learning model of Community Technology Science in both categories.

Keywords: STS Learning, Science Literacy, Student responses.

Published
2017-07-09
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 91