PENERAPAN PENILAIAN KINERJA DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMAN 1 MAOSPATI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan penilaian kinerja dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatih keterampilan proses sains siswa pada materi fluida statis di SMAN 1 Maospati. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan rancangan penelitian one-group pretest posttest design. Sampel penelitian pada penelitian ini adalah kelas X MIA 5, X MIA 6, dan X MIA 7. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil keterampilan proses sains siswa dianalisis dengan n-gain dan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) keterlaksanaan penilaian kinerja dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kategori baik dengan rata-rata 3,40; 2) keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan yakni kelas X MIA 5 dengan nilai <g> sebesar 0,61, kelas X MIA 6 dengan nilai <g> sebesar 0,45, dan kelas X MIA 7 dengan nilai <g> sebesar 0,57. Peningkatan keterampilan proses sains pada ketiga kelas termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis uji t berpasangan diketahui bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains yang signifikan pada ketiga kelas, dan 3) respon siswa terhadap penilaian kinerja dalam model inkuiri terbimbing rata-rata sebesar 81,76% dengan kategori baik.
Kata kunci: penilaian kinerja, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, respon siswa
Abstract
This study aims to describe the results of applying performance appraisals in guided inquiry learning models to train students science process skills on static fluid materials at SMAN 1 Maospati. This type of research is pre experiment with one-group pretest posttest design. The sample of research in this research is class X MIA 5, X MIA 6, and X MIA 7. Technique of collecting data used is method of validation, observation, test, and questionnaire. Results of students science process skills were analyzed with n-gain and paired t-tests. The results showed that; 1) the implementation of performance appraisal in the guided inquiry learning model in the good category with an average of 3.40; 2) students science process skills have an increase of class X MIA 5 with a value of <g> of 0.61, class X MIA 6 with a value of <g> of 0.45, and class X MIA 7 with a value <g> of 0, 57. Improvement of science process skills in all three classes included in medium category. Based on t-pair t test analysis, it is known that there is a significant improvement of science process skill in all three classes, and 3) students response to performance appraisal in guided inquiry model with average of 81,76% with good category.
Keywords: performance assessment, guided inquiry, science process skills, student responses
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

