Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Getaran Harmonis Sederhana

Authors

  • ZAZILATUL UMAROH

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respons peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA Negeri 1 Cerme. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimen dengan desain penelitian one-group pre test-post test design. Sasaran penelitian yakni pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen, X MIA 6 sebagai kelas replikasi 1, dan X MIA 7 sebagai kelas replikasi 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing terlaksana dengan rata-rata 3,58 termasuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada aspek pengetahuan dianalisis dengan n-gain dan uji-t berpasangan. Hasil analisis yang didapat menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan yakni kelas X MIA 5 dengan nilai <g> sebesar 0,71, kelas X MIA 6 dengan nilai <g> sebesar 0,72, dan kelas X MIA 7 dengan nilai <g> sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan diketahui bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas replikasi. Respons peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh persentase sebesar 78% hingga 79% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Cerme pada materi getaran harmonis sederhana.

Kata Kunci: Getaran harmonis sederhana, inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis,

 

Abstract

This research aims to describe the results of the implementation of guided inquiry learning, improving critical thinking skills of learners, and the response of learners in SMA Negeri 1 Cerme. The type of research is the pre experiment with one- pre test-post test design. The research objectives namely that is guided inquiry learning in X MIA 5 as experiment class, X MIA 6 as replication class 1, and X MIA 7 as replication class 2. Methods of data collection in this research are the method of observation, tests, and questionnaires. The results showed that the implementation of inquiry learning was guided at the preliminary stage, core activities, closing and time management were accomplished with an average of 3.58 included in very good category. The improvement of students critical thinking skills on the knowledge aspect is analyzed by n-gain and paired t-test. The result of the analysis obtained showed that the students critical thinking had an increase of class X MIA 5 with a value of <g> of 0.71, class X MIA 6 with a value of <g> of 0.72, and class X MIA 7 with a value <g> of 0.73 with high categories. Based on paired t-test analysis it is known that there is a significant improvement of critical thinking skill in the experimental class and replication class. Student response to guided inquiry learning model gets a percentage of 78% to 79% with good category. Thus, it can be concluded that the implementation of guided inquiry learning model can improve the students critical thinking skills in class X SMA Negeri 1 Cerme on simple harmonic vibration materials.

Keywords: Simple harmonic vibration, guided inquiry, critical thinking skill

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-07-2017

How to Cite

UMAROH, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Getaran Harmonis Sederhana. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/20161
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 33