Penerapan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pictorial Riddle pada Materi Momentum dan Impuls untuk Melatihkan Keterampilan Self Regulated Thinking
Abstract
Self regulated thinking merupakan keterampilan untuk membentuk motivasi dan pengaturan diri dalam mencapai tujuan peserta didik. Keterampilan self regulated thinking dapat dilatihkan melalui pictorial riddle yang disampaikan dalam buku siswa yang menekankan keterampilan berfikir. Pictorial riddle merupakan teknik inkuiri berupa gambar, peragaan maupun situasi yang sesungguhnya yang dapat mengembangkan motivasi dan minat siswa dalam diskusi dan memberikan kesempatan siswa untuk memecahkan masalah. Keterampilan self regulated thinking dibelajarkan dengan model inkuiri. Penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan self regulated thinking setelah diterapkan buku siswa berbasis pictorial riddle. Desain pre experimental bentuk one group pretest posttest design diterapkan pada sampel yang terdiri dari tiga kelas. Keterampilan self regulated thinking yang dilatihkan antara lain menyadari pemikirannya sendiri, membuat rencana yang efektif, menyadari dan menggunakan informasi yang dianggap berguna, peka terhadap umpan balik dan mengevaluasi keefektifan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disimpulkan bahwa keterampilan self regulated thinking dapat dilatihkan dengan rata-rata baik dan terjadi peningkatan skor rata-rata keterampilan self regulated thinking kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 masing-masing 53.64, 53.86 dan 60.40 yang termasuk dalam kategori cukup baik.
Kata kunci: pictorial riddle, self regulated thinking, dan momentum impuls
Abstract
Self regulated thinking the motivation and skills to establish self regulation in achieving the objectives of learners. Self-regulated thinking skills can be trained through pictorial riddle presented in the book that emphasizes student thinking skills. Pictorial riddle an inquiry techniques such as drawing, modeling and real situations that can develop students motivation and interest in the discussion and give students the opportunity to solve the problem. Self regulated thinking skills be taught by the inquiry model. This study is to describe the skills of self regulated thinking once implemented pictorial riddle book based students. Pre-experimental design form one group pretest posttest design applied to a sample consisting of three classes. Self-regulated thinking skills are practiced among others realize his own ideas, create an effective plan, realize and use information that is considered useful, sensitive to feedback and evaluate the effectiveness of the action. The results showed that concluded that the skills of self regulated thinking can be practiced with a good average and an increase in the average score of the skills of self-regulated thinking experimental class, Replication 1 and Replication 2 respectively 53.64, 53.86 and 60.40 are included in the category of pretty good
Key words: inquiry pictorial riddle, self-regulated thinking and impulse momentum
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

