Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran Harmonik Sederhana di SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran guided discovery, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one group pretest posttest yang menggunakan satu kelas. Subjek penelitian ada satu kelas, yaitu X MIPA 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian diperoleh skor keterlaksanaan pembelajaran 91,07% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis gain skor dinormalisasi diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 0,72 pada kelas X MIPA 1 dengan kategori tinggi. Pada kelas X MIPA 1 tersebut juga menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided discovery dengan persentase respon sebesar 80,1% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi getaran harmonik sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban.
Kata Kunci: guided discovery, hasil belajar, getaran harmonik sederhana.
Abstract
Research that has been done in SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban aims to describe the implementation of learning with guided discovery learning model, student learning outcomes and student responses to the learning process. This type of research is pre-experimental design with one group pretest posttest design using one class. Research subjects there is one class, namely X MIPA 1. Data collection methods used are methods of observation, tests, and questionnaires. The result of this research is 91.07% learning achievement score with very good category. The result of normalized gain gain analysis resulted in an increase of learning result of 0.72 in class X MIPA 1 with high category. In class X MIPA 1 also showed a positive response to learning using guided discovery learning model with a percentage of response of 80.1% with good category. So it can be concluded that the application of guided discovery learning model on simple harmonic vibration material can improve student learning outcomes in SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban.
Keywords: guided discovery, learning outcomes, simple harmonic vibration.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

