Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA Negeri 1 Lamongan

  • DWI KARUNIA PUTRI

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA Negeri 1 Lamongan” yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan model guided discovery pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 4, kelas X MIA 5 dan kelas X MIA 7. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan non tes. Hasil penelitian memperoleh skor keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,13 dengan kriteria baik. Hasil analisis gain skor ternormalisasi diperoleh kenaikan hasil belajar siswa pada kelas X MIA 4 sebesar 0,70 yang tergolong dalam kategori tinggi, pada kelas X MIA 5 sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan pada kelas X MIA 7 0,73 dengan kategori tinggi. Hasil tersebut didukung dengan respon yang baik dari siswa selama pembelajaran dengan memperoleh persentase respon dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi Hukum Newton dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Lamongan.

Kata Kunci : Guided Discovery, Hukum Newton, hasil belajar

Abstract

Has conducted research titled “The Application of Guided Discovery Learning Model to Improve Student Learning Achievement in Newtons Law at Class X MIA SMA Negeri 1 Lamongan”, which aims to describe implementation, learning outcomes and the response of students to the application of guided discovery learning model in Newtons Law. The type of research used is pre-experiment with one group pretest posttest design. The sample in this research is class X MIA 4, class X MIA 5 and class X MIA 7 taken by random. Data collection methods used were test and non test methods. The result of the study obtained the score of learning implementation of 3,13 with good criteria. The result of gain score normalized increased student learning achievement as big as 0,70 in class X MIA 4 with high category, in class X MIA 5 of 0,76 with high category and 0.73 at class X MIA 7 with high category. It is supported by good response from students by obtaining the percentage of response with good category. So in concluded that the application of guided discovery learning model on Newtons Law can improve student learning outcomes in SMA Negeri 1 Lamongan.

Keywords : guided discovery, Newtons Law, learning achievement

Published
2017-07-17
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 51