PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 CERME

  • SRI WULANDARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, peningkatan keterampilan proses sains, dan respon peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan pre-experimental dengan desain pre-test and post-test group yang menggunakan tiga kelas dengan perlakuan sama. Variabel bebas penelitian ini yaitu pembelajaran dengan model pembelajaran guided discovery, variabel terikat yaitu keterampilan proses sains peserta didik yang berorientasi pada kurikulum 2013, serta variabel kontrol yaitu getaran harmonis pada ayunan sederhana dan pegas. Hasil keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada materi getaran harmonis di kelas X SMA Negeri 1 Cerme termasuk dalam kategori sangat baik. Keterampilan proses sains peserta didik meningkat setelah diterapkan model pembelajaran guided discovery yang ditunjukkan dari hasil uji-t berpasangan dengan nilai . Besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik berada pada kategori sedang. Peningkatan ketiga kelas setelah diuji konsistensi menggunakan ANOVA diperoleh peningkatan yang konsisten dengan  untuk  yaitu . Respon peserta didik dari ketiga kelas  menunjukkan persentase tinggi dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: model pembelajaran guided discovery, keterampilan proses sains, getaran harmonis

 

Abstract

This study attempts to describe the implementation, improvement of science process skills, and the students response the implementation of guided discovery learning model. The design of this research used pre-experimental with pre-test and post-test group design using three classes with the same treatment. The independent variable of this research is learning with guided discovery learning model, the dependent variable is the students science process skills oriented towards 2013 curriculum, and the control variable is harmonic vibration. The results of the implementation of guided discorey learning model in the harmonic vibration subject X class SMA Negeri 1 Cerme are in very well category. Students science process skills increase after the implementation of guided discovery learning model, it is shown from the t-test with . The most improvement of science process skills which the medium category. The increase of the three classes after the consistency test using ANOVA obtained a consistent increase with  for α = 0,05 ie . The students responses from the three classes shows a high percentage with very good category.

Keywords: guided discovery learning model, science process skills, harmonic vibration

Published
2017-07-17
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 31