Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi
Abstract
Kegiatan laboratorium merupakan hal penting untuk mata pelajaran fisika. Agar kegiatan laboratorium lebih bermakna diperlukan kemampuan argumentasi ilmiah untuk menyampaikan apa yang seseorang temukan berdasarkan bukti ilmiah disertai dengan pembenaran rasional sesuai teori. Argument Driven Inquiry (ADI) adalah salah satu pembelajaran yang dirancang untuk melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi usaha dan energi setelah pembelajaran menggunakan Argument Driven Inquiry (ADI) dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design jenis one grup pretest-posttest dengan satu kelas diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terlaksana dengan sangat baik pada dua kali pertemuan. Berdasarkan uji t berpasangan rata-rata kemampuan argumentasi ilmiah siswa setelah diberi perlakuan lebih baik daripada sebelum siswa diberi perlakuan. Kemampuan argumentasi ilmiah siswa mampu mencapai level 4 untuk indikator memberikan gagasan (claim) dengan persentase 21,9% siswa. Persentase siswa untuk indikator menganalisis data 9,4% siswa yang tergolong dalam 4. Sedangkan persentase indikator memberikan pembenaran rasional sesuai teori hanya mencapai level 3. Respon positif siswa terhadap penerapan pembelajaran ini sebesar 90,25%.
Kata kunci: Argument Driven Inquiry (ADI), Kemampuan argumentasi ilmiah, usaha dan energi
Abstract
Laboratory activities are important for physics learning. Meaningful laboratory activities needed scientific argument to communicate claim, the scientific evidence and an appropriate rational justification theory. Argument Driven Inquiry (ADI) is one of learning designed to exercise ability of scientific argumentation. This study aimed to describe the enforceability of learning, scientific argumentation ability of students to the material and energy business after learning models Argument Driven Inquiry (ADI) and the students responses. This type of research is a kind of pre-experimental design pretest-posttest one group using a class-treated. Argument Driven Inquiry (ADI) learning very successfully at two meetings. Based on the paired t test average ability students scientific argument after being treated better than before the students were treated. The ability of the student scientific argumentation able to reach level 4 for the give an idea (claims) with a percentage of 21.9% of the students. For analyze the data 9.4% of students were at the level 4 and provide a rational justification according to the theory just reached level 3. The positive response of students to the teaching and learning about 90,25%.
Keywords: Argument Driven Inquiry (ADI), a scientific argument ability, effort and energy
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

